Sukses

Penting, Ini Alasan Tidak Boleh Bawa Ponsel ke Toilet

Liputan6.com, Jakarta Ponsel sudah menjadi "teman" dalam hidup orang-orang saat ini, terutama di perkotaan. Begitu lekatnya ponsel dalam keseharian, hahkan, perangkat seluler itu mungkin juga kita bawa saat buang air besar.

Namun, membawa ponsel ke toilet bukanlah aktivitas yang baik untuk dilakukan. Mengutip Reader's Digest pada Rabu (7/11/2018), hal tersebut sebenarnya malah berbahaya bagi kesehatan.

MetroUK meminta tiga peneliti untuk mempertimbangkan bahaya membawa ponsel ke kamar mandi. Mereka menyimpulkan, Anda bisa mengekspos diri sendiri dan orang lain dengan kuman seperti salmonella, E. coli, dan C. difficile.

Kuman-kuman tersebut bisa terbawa ketika Anda membersihkan diri sendiri, menyentuh flush, mengunci pintu, serta menyentuh ponsel sebelum mencuci tangan atau bahkan tanpa mencuci tangan sama sekali. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Menghindari kuman menempel di ponsel

Karena itu, lebih baik pertimbangkan lagi kebiasaan tersebut. Jika Anda takut bosan di kamar mandi, ada cara unik yang bisa menurunkan risiko ini. Salah satunya bahkan tanpa melepaskan ponsel dari pandangan Anda.

"Bacalah buku atau gunakan ponsel di tangan kanan, kemudian pindahkan ke kiri," kata Ahli Kebersihan Dr. Lisa Ackerley pada MetroUK.

"Bersihkan dengan tangan kananmu, bilas dengan benar, kemudian bawalah buku atau ponsel di tangan kiri tanpa menyentuh apapun dan cucilah tanganmu," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Jurusan Biomedis Sains di Queen Mary's University London, Dr. Ron Culter mengatakan: "Pada dasarnya Anda tidak seharusnya (membawa ponsel ke toilet), jika Anda sama sekali mengkhawatirkan transfer virus dan kontaminasi tinja."

Artikel Selanjutnya
Usia Tepat Beri Ponsel Pribadi untuk Anak ala Bill Gates
Artikel Selanjutnya
Ponselnya Disita Guru, Gadis Ini Nekat Ancam Bunuh Diri