Sukses

Anjuran Menkes Nila soal Durasi Waktu Olahraga

Anjuran Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek tentang durasi waktu yang tepat untuk olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek menganjurkan, masyarakat melakukan aktivitas fisik atau olahraga selama minimal 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik yang dilakukan diharapkan membuat masyarakat hidup sehat.

Anjuran aktivitas fisik tersebut termasuk kegiatan dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang terus digalakkan pemerintah. Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui Germas.

“Germas itu penting. Lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari. Boleh olahraga yang murah meriah, seperti jalan kaki. Atau bisa juga bersepeda. Banyak sekali kan anak muda yang sepedaan,” ujar Menkes Nila dalam tayangan Live Streaming melalui Instagram Kementerian Kesehatan, ditulis Senin, 18 Maret 2019.

Selain aktivitas fisik, fokus Germas juga terkait konsumsi buah  dan sayur serta pemeriksaan kesehatan secara rutin. Konsumsi buah dan sayur agar ketercukupan gizi seimbang terpenuhi.

“Cek kesehatan berkala juga. Sekaran banyak remaja usia 10-14 tahun yang kena penyakit tidak menular (PTM). Contohnya, hipertensi dan diabetes. Mungkin kebanyakan konsumsi makanan yang terlalu asin dan junk food (makanan cepat saji),” tambah Menkes Nila.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga yang disukai

Dalam Germas, ada cara melakukan olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur. Olahraga dianjurkan minimal 30 menit dan menggunakan perlengkapan olahraga yang sesuai.

Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan mencatat, olahraga dilakukan secara bertahap dimulai pemanasan selama 5-10 menit, diikuti dengan pendinginan selama 5 menit.

Pilihlah olahraga yang disukai, aman, mudah, dan sesuai  dengan kondisi fisik. Untuk mencapai hasil optimal, olahraga perlu dilakukan minimal  3 kali seminggu.

Sebelum berolahraga, lakukan pemeriksaan pendahuluan untuk menentukan dosis yang aman dan jenis olahraga yang cocok. Gunakan pakaian dan sepatu olahraga yang sesuai  dan nyaman.

“Karena lama-lama sibuk. Saya sekarang olahraganya bersepeda statis. Minimal 30 menit. Lebih sehat juga. Kalau lagi buru-buru banget ya 15 menit. Minimal bisa juga jalan kaki. Dulu saya juga suka jalan kaki,” cerita Menkes Nila soal gaya hidup sehatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.