Sukses

Gejala Tipes yang Perlu Dikenali, Waspadai Agar Tak Membahayakan Nyawa

Liputan6.com, Jakarta Kamu pasti sudah tidak asing dengan penyakit tipes. Kasus penyakit tipes memang sering ditemui di tengah masyarakat Indonesia. Penyakit tipes ini merupakan penyakit yang unik karena penyebaran bakteri tipes ini bisa ditularkan dari seseorang yang justru tidak sakit tipes.

Penyebaran dan perkembangan penyakit tipes biasanya kerap ditemui di negara-negara berkembang. Negara berkembang sebagian besar memiliki proses sanitasi yang masih kurang dan berjalan tidak baik. Jika dibandingkan di negara maju, penyakit tipes ditemukan kasus dengan angka yang kecil.

Penyakit tipes yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa biasanya tidak didukungnya sanitasi di daerah tersebut atau kebiasaan dari orang itu sendiri. Bisa juga akibat orang yang menderita tipes belum mendapatkan imunisasi sehingga rentan akan penyakit akibat kekebalan tubuhnya tidak kuat.

2 dari 3 halaman

Gejala Tipes dan Penyakit Tipes

Untuk kamu yang pernah mendengar gejala tipes dan penyakit tipes, sebenarnya kedua hal tersebut merujuk pada penyakit yang sama hanya saja pada tahap yang masih berbeda. Perlu diwaspadai bahwa penyakit tipes adalah penyakit yang sangat menular. Penyakit tipes dibawa oleh bakteri Salmonella typhi.

Tipes atau disebut juga dengan demam tifoid adalah salah satu penyakit yang umum. Penyakit tipes ini dapat menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Namun semua itu bergantung dari sistem kekebalan pada tubuh masing-masing seseorang. Memiliki kekebalan tubuh yang lemah akan memiliki resiko lebih besar. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui gejala tipes.

Gejala Tipes dari tahap ringan hingga tahap kronis

Siapapun dapat mengalami penyakit tipes. Dilansir Liputan6.com, Selasa (12/3/2019) dari berbagai sumber berikut beberapa gejala tipes yang bisa dialami oleh anak-anak, remaja dan gejala tipes pada orang dewasa.

- Gejala tipes pada anak-anak

 

Penyakit tipes yang mnyerang pada usia yang masih muda atau anak-anak, pada umumnya, gejala tipes dapat dilihat seperti berikut:

1. Demam tinggi

2. Sakit perut yang disertai diare

3. Merasa tubuh menjadi lemah, lelah dan pegal – pegal

4. Hilangnya nafsu makan

5. Pusing

6. Sakit pada tenggorokan

7. Muncul lapisan putih di atas lidah

8. Terkadang juga muncul sembelit

 

- Gejala tipes pada anak remaja

Anak remaja menderita penyakit tipes biasanya dakibatkan oleh seringnya mengonsumsi makanan yang tidak bersih atau jajan sembarangan. Ditambah tidak memiliki kekebalan tubuh yang kuat, maka dengan mudah penyakit tipes masuk ke dalam tubuhnya. Perlu kamu ketahui gejala tipes agar tidak salah menanganinya.

1. Turunnya berat badan

2. Nafsu makannya hilang

3. Menderita sakit kepala atau pusing

4. Tubuh mudah lelah dan lemas

 

- Gejala tipes pada orang dewasa

Bertambahnya usia bukan berarti sistem kekebalan pada tubuh seseorang semakin kuat. Semakin bertambahnya usia justru kekebalan tubuh perlu diperhatikan. Maka dari itu adanya kesadaran untuk selalu menjaga kebersihan dan menjaga makanan yang akan dikonsumsi.

Gejala tipes pada orang dewasa bisa kamu simak dari beberapa tahapannya dari ringan hingga tahap parah sebagai berikut:

1. Pada minggu pertama

- Demam tinggi yang bisa mencapai 40 derajat selama berhari – hari

- Batuk

- Sakit kepala

- Mimisan

- Tubuh terasa lemas

 

2. Pada minggu kedua

- Demam tinggi yang terus memburuk

- Sakit perut

- Perut kembung akibat hati dan empedu yang membengkak

- Diare dan sembelit

- Feses berwarna kehijauan

3. Pada minggu ketiga

Suhu demam akan turun namun akan muncul pendarahan akibat dari pecahnya usus.

4. Pada minggu keempat

Tidak ada demam lagi, namun akan semakin banyak komplikasi yang bermunculan pada tubuh. Komplikasi ini bisa membahayakan nyawa.

Setelah mengetahui beberapa gejala tipes dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa, kamu harus selalu waspada pada lingkungan sekitar dan menjaga makanan yang akan kamu konsumsi. Perlu adanya tindakan medis secara cepat agar gejala tipes tersebut tidak berubah menjadi penyakit tipes hingga pada tahap kronis.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab yang membuat orang terjangkit penyakit tipes

Beberapa hal yang menjadi faktor seseorang dapat terjangkit penyakit tipes adalah kerap mengunjungi daerah endemik tipes karena alasan bekerja atau lainnya, melakukan kontak langsung dengan orang yang terjangkit tipes tanpa disadari dan mengonsumsi jajanan sembarangan atau makanan yang terkontaminasi langsung oleh bakteri penyebab tipes yaitu Salmonella tyhpi.

 

Obat alami yang bisa sembuhkan gejala tipes

Beberapa obat alami yang bisa sembuhkan gejala tipes, sebagai berikut:

- Cengkeh

- Oralit

- Bawang putih

- Pisang

- Daun basil atau daun selasih

Obat – obat alami di atas bisa kamu manfaatkan untuk gejala tipes yang masih pada tahap ringan. Tentu diiringi dengan istirahat yang cukup, makan yang teratur, banyak minum air putih dan selalu menjaga kebersihan. Kamu tentu bisa langsung menghubungi dokter dan pihak medis lainnya agar mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

 

Aksi Sekelompok Orang Pukul Buaya dengan Palu
Loading
Artikel Selanjutnya
Manfaat Bayam untuk Kesehatan, Kaya Serat dan Bisa Cegah Kanker
Artikel Selanjutnya
Gejala Masuk Angin dan Bahaya yang Timbul Jika Disepelekan