Sukses

Kenali Gejala Gagal Ginjal dan Penyebabnya yang Sering Diabaikan, Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta Di Amerika Serikat, lebih dari 26 juta orang dewasa hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, hampir 90 persen dari mereka tidak mengetahui tanda tanda penyakit ginjal, seperti yang Liputan6.com lansir dari National Kidney Foundation, Sabtu (9/3/2019).

Hal ini dikarenakan orang-orang dengan penyakit ginjal cenderung tidak mengalami gejala sampai tahap yang paling parah. Ginjal memainkan peran penting dalam menyaring dan mengeluarkan limbah dari tubuh. Setiap hari, dua organ yang berada di kedua sisi tulang belakang ini menyaring lebih dari 200 liter darah dan 2 liter produk limbah sebelum itu keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Ketika ginjal gagal dalam menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, maka kondisi ini disebut gagal ginjal. Banyak orang yang mengabaikan gejala sakit ginjal karena menganggapnya bukan masalah serius.

Jika tidak segera diobati, kondisi ini akan menyebabkan beragam masalah. Bahkan dapat menimbulkan berbagai komplikasi yang lebih serius. Berikut gejala gagal ginjal yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (9/3/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal

1. Warna urine berubah

Gejala gagal ginjal yang biasanya muncul dan dirasakan paling awal adalah perubahan warna urine menjadi lebih keruh dari biasanya. Selain itu, kebiasaan buang air kecil juga bisa berubah entah jadi lebih sering atau lebih jarang pipis.

Kamu juga mungkin merasa nyeri saat buang air kecil. Jika kamu mengidap gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kencing keluar beserta bercak darah. Gejala gagal ginjal dalam beberapa kasus, kencing berbusa juga bisa jadi gejala sakit ginjal.

2. Badan jadi gampang capek

Ginjal sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru. Ketika ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Akibatnya, produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Gejala gagal ginjal ini membuat tubuh jadi mudah capek.

3. Beberapa bagian tubuh akan membengkak

Gejala gagal ginjal yang sudah rusak tidak bisa lagi menyaring limbah kotoran sebaik dulu sehingga ada banyak protein yang terbuang ke dalam urine. Kurangnya protein dalam darah dapat menyebabkan tungkai tangan dan kaki membengkak. Gejala gagal ginjal biasanya mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.

4. Gatal-gatal

Terganggunya kerja ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk. Gejala gagal ginjal ini akan berdampak buruk pada kulit. Gejala gagal ginjal dapat menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, serta kulit kering.

Jika gatal tersebut terus digaruk bisa timbul luka atau pendarahan ringan. Sayangnya, rasa gatal karena gejala sakit ginjal seringkali diabaikan. Meski krim kulit dan salep memang dapat membantu mengurangi gejala sakit ginjal yang timbul pada kulit, tetapi hal ini tidak menyembuhkan masalah pada ginjal.

3 dari 4 halaman

Gejala Gagal Ginjal

5. Selalu mual dan ingin muntah

Gejala gagal ginjal yang sudah akut atau jika sudah sampai tahap gagal ginjal sering disebut juga sebagai silent killer. Disebut demikian karena gejalanya yang sulit dideteksi, seperti mual dan muntah. Banyak sekali penyakit ringan yang gejalanya ditunjukkan dengan mual dan muntah, contohnya sakit maag.

6. Sesak napas

Tidak berfungsinya ginjal membuat cairan masuk ke dalam paru-paru melalui darah. Gejala gagal ginjal ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup di dalam tubuh, terutama paru-paru. Kurangnya oksigen dalam darah membuat tubuh kamu sulit berfungsi maksimal sehingga menyebabkan napas menjadi terengah-engah.

7. Sakit pinggang

Bagi yang suka sakit pada bagian pinggang, baik kanan ataupun kiri, perlu diwaspada. Gejala sakit ini bisa saja disebabkan oleh batu ginjal. Kadang, gejala dari adanya batu ginjal tidak terlalu kelihatan jelas tapi kemungkinan besar akan menimbulkan nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.

8. Kurang konsentrasi dan pusing

Ketika ginjal tidak dapat bekerja dengan baik, oksigen akan sulit disuplai ke seluruh tubuh, terutama ke otak. Kurangnya suplai oksigen ke otak memicu terjadinya pusing, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah, dan kepala yang terasa kliyengan.

4 dari 4 halaman

Penyebab Gagal Ginjal

1. Merokok

Banyak orang gemar merokok khususnya para pria yang menganggap merokok adalah kebiasaan yang wajar dilakukan. Padahal, merokok tidak hanya merusak paru-paru dan jantung, tetapi juga menyumbang faktor penyebab gagal ginjal.

2. Konsumi Makanan dan Minuman yang Mengandung Banyak Gula

Terlalu banyak gula dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti diabetes dan obesitas. Dua penyakit tersebut juga menjadi salah satu faktor penyebab gagal ginjal.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Natrium

Kandungan natrium yang besar dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi kemudian dapat memicu kerusakan ginjal dari waktu ke waktu dan menjadi penyebab utama dari gagal ginjal.

4. Kurang Minum Air Putih

Dehidrasi khususnya kurang minum air putih dapat menjadi salah satu penyebab gagal ginjal dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi jumlah darah yang tersedia untuk ginjal.

5. Infeksi Bakteri dan Virus

Infeksi bakteri dan virus seperti hepatitis A, B atau C, radang tenggorokan, dan infeksi saluran kemih bisa menyebabkan peradangan tiba-tiba di ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.

6. Gagal Jantung

Masalah peredaran darah kronis, termasuk gagal jantung, dapat mengurangi pasokan darah ke ginjal dan menjadi penyebab gagal ginjal.

7. Konsumsi Obat Penghilang Rasa Sakit dalam Jangka Panjang

Obat-obatan termasuk aspirin, ibuprofen, streptomisin, obat kemoterapi dan pewarna radioaktif digunakan untuk diagnosa medis dapat menyebabkan kerusakan ginjal yang kemudian menjadi penyebab gagal ginjal. Penggunaan jangka panjang dari obat-obatan tertentu, terutama yang memiliki dosis tinggi, mempunyai efek yang merugikan pada jaringan dan struktur ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini