Sukses

Mepamit Artinya Pindah Agama, Sule Pastikan Rizky Febian dan Mahalini Menikah Secara Islam

Sule Tegaskan Rizky Febian dan Mahalini Menikah Secara Islam Setelah Jalani Mepamit

Liputan6.com, Jakarta - Isu pernikahan Rizky Febian dan Mahalini Raharja memang tengah hangat diperbincangkan. Salah satu yang jadi sorotan adalah perbedaan keyakinan agama mereka.

Mahalini, yang menganut Hindu, dan Rizky Febian yang beragama Islam, menjadi perhatian banyak orang. Hal ini menciptakan spekulasi seputar bagaimana nanti pernikahan mereka akan dilakukan, apakah dengan memilih satu agama ataukah dalam format berbeda keyakinan.

Namun, dalam sebuah pernyataan, komedian sekaligus ayah Rizky Febian, Sule mengonfirmasi bahwa pernikahan akan mengikuti tata cara agama Islam. Pernyataan tersebut disampaikan saat acara Mepamit pada 5 Mei 2024.

Dalam budaya Bali, Mepamit adalah momen pamitan seorang pengantin wanita kepada keluarga dan leluhurnya, sebelum menikah dan bergabung dengan keluarga sang calon suami.

Sule mengungkapkan bahwa Mahalini akan pindah agama ke Islam dan sudah mendapatkan izin dari keluarganya untuk melangsungkan pernikahan sesuai dengan ajaran agama mereka di Jakarta.

"Jadi, ini tuh acara Mepamit, pamitan dari keluarga dan leluhurnya Lini bahwasanya Lini akan berpindah agama, dan diizinkan dan sudah diperbolehkan untuk menikah dalam agama kami nanti di Jakarta," ujar Sule dalam salah satu videonya yang berjudul MEPAMIT MAHALINI AYU RAHARJA DI BALI yang diunggah di Youtube.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rizky Febian dan Mahalini dan Isu Nikah Beda Agama

Sebelum Sule memberikan klarifikasi langsung mengenai prosesi pernikahan Mahalini dan Rizky Febian, banyak yang berspekulasi bahwa mereka akan menikah dengan agama yang berbeda.

Hal ini sampai menarik perhatian Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Kyai Cholil, yang mengungkapkan pandangannya lewat media sosial. Dia menegaskan bahwa menurut ajaran Islam, pernikahan beda agama tidak diakui sebagai sah.

Dia juga menyoroti bahwa pemerintah hanya mencatat pernikahan, bukan memberikan legalitas atas akad nikah yang berbeda keyakinan.

"Nikah beda agama kalo menurut Islam itu tidak sah. Sedangkan pemerintah itu hanya pencatatan nikah, bukan mengesahkan akad nikahnya," pada 3 Mei 2024 lalu.

Kyai Cholil juga menyoroti bahwa menurut pandangan Islam, pernikahan dengan agama yang berbeda hanya akan menghasilkan zina.

Cuitan ini diposting sebagai tanggapan atas berita tentang rencana pernikahan Mahalini dan Rizky Febian yang sedang ramai dibicarakan.

3 dari 3 halaman

Akan Gelar Pengajian Menjelang Akad

Selain mengkonfirmasi isu pindah agama dari sang calon menantu, Sule juga turut menjelaskan bahwa prosesi selanjutnya dari rangkaian proses pernikahan anak nya ialah acara pengajian yang memang biasanya digelar sebelum akad nikah.

Walaupun begitu, komedian asal Bandung tersebut tidak membeberkan secara pasti kapan tanggal pengajian tersebut akan dilaksanakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini