Sukses

6 Makanan Pilihan untuk Para Penderita Penyakit Ginjal

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal adalah alat kerja yang sangat penting dalam tubuh. Organ kecil berbentuk kacang ini menyaring produk limbah dari darah. Ginjal juga melepaskan hormon yang mengatur tekanan darah, membantu menyeimbangkan cairan tubuh, dan membuat urin.

Dilansir dari foodprevent, penyakit ginjal mempengaruhi sekitar 10 persen dari populasi dunia dan dapat disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan gula darah yang tidak terkontrol. Faktor-faktor lain seperti usia, merokok, obesitas, dan jenis kelamin juga berperan. Ketika ginjal tidak berfungsi secara optimal, limbah produk dari makanan menumpuk di dalam darah dan membuat tubuh sakit.

Diet yang harus yang dilakukan oleh orang-orang dengan penyakit ginjal sangat bervariasi berdasarkan tahapannya. Tahap awal memiliki batasan yang berbeda dari orang dengan penyakit ginjal tahap akhir. Ada yang sampai membutuhkan transplantasi ginjal, cuci darah, atau perubahan pola makan.

Makanan sehat menjadi kunci penting bagi penderita penyakit ginjal. Makanan pun harus dipastikan dapat memenuhi kebutuhan vitamin. Tidak hanya lewat makanan bergizi, cukupi asupan vitamin dengan mengonsumsi vitamin neurotropik. Salah satu produk yang bisa Anda jadikan pilihan adalah NEUROBION Forte.

 

NEUROBION Forte dengan formula original, mengandung vitamin neurotropik yang sangat diperlukan dalam membantu perbaikan kerusakan sel saraf dan menjaga  kesehatan saraf. Konsumsi sebanyak 1 tablet per hari atau sesuai anjuran dokter.

Berikut enam makanan sehat untuk anda penderita penyakit ginjal yang dilansir dari foodprevent, Rabu, 27 Februari 2019 :

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Bluberrry

Blueberry adalah salah satu buah terbaik yang bisa Anda makan untuk seluruh tubuh Anda. Blueberry tinggi antioksidan yang disebut antosianin, yang membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, penurunan kognitif, dan kanker tertentu dan juga fantastis untuk pasien ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium. 

2. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin K, dan folat (vitamin B). Ini juga memiliki jumlah serat yang bagus untuk membantu pencernaan dan senyawa antiinflamasi tertentu yang disebut indoles. Kembang kol dapat dimakan mentah atau dipanggang, bahkan dihaluskan.

3. Bawang putih

Karena masalah ginjal membutuhkan pengurangan natrium, Anda mungkin khawatir kehilangan kenikmatan makanan beraroma juga. Untungnya, bawang putih adalah alternatif yang bagus untuk garam yang juga menawarkan manfaat gizi sendiri. Bawang putih mengandung vitamin C, vitamin B6, mangan, dan senyawa sulfur tertentu yang antiinflamasi.

3 dari 3 halaman

4. Putih Telur

Kuning telur sangat bergizi, tetapi juga mengandung banyak fosfor. Maka itu, penderita penyakit ginjal lebih aman mengonsumsi hanya putih telurnya saja. Putih telur tinggi protein tetapi rendah fosfor, sehingga mereka sering direkomendasikan untuk orang yang menjalani dialisis. Biasanya, pasien dialisis membutuhkan protein lebih tinggi.

5. Minyak Zaitun

Minyak zaitun tidak hanya mengandung lemak sehat, tetapi sepenuhnya bebas dari fosfor. Ini sangat baik untuk orang dengan penyakit ginjal karena mereka cenderung mengalami kesulitan menjaga berat badan yang sehat. Lemak dalam minyak zaitun sebagian besar merupakan versi tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, yang juga dapat mengurangi peradangan. Ini baik untuk memasak karena bisa tahan suhu tinggi, tetapi juga bagus dalam saus salad.

6. Ikan Kakap Putih

Ikan ini direkomendasikan untuk penderita penyakit ginjal karena merupakan protein berkualitas tinggi yang mengandung lemak omega-3 sehat dengan tingkat fosfor yang lebih rendah daripada makanan laut lainnya. Masih penting untuk mengonsumsi ikan tersebut dalam jumlah sedang, tetapi diet yang kaya omega-3 juga membantu mengurangi depresi, kecemasan, dan penurunan kognitif. (Indah Permata Niska)

 

Saksikan video pilihan di bawah ini :

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.