Sukses

4 Cara Merawat Gigi Berlubang Agar Tak Semakin Parah

Liputan6.com, Jakarta Gigi berlubang menjadi masalah pada kesehatan mulut yang paling umum ditemui di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat kurang. Ketika kesadaran ini tidak ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah.

Gigi berlubang memang dapat dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa hingga lansia. Banyak faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Ada beberapa penyebab gigi berlubang di antaranya jarang menggosok gigi sehingga bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi berlubang.

Tidak hanya itu penyebab lainnya adalah cara menyikat gigi yang salah. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis sehingga bakteri justru semakin nyaman bersarang di mulut. Penyebab gigi berlubang terakhir adalah karies gigi.

Oleh karena untuk mengatasi gigi, kamu harus tau cara merawat gigi berlubang agar terhidar dari gigi berlubang. Berikut Liputan6.com rangkum 4 cara merawat gigi berlubang tanpa perlu di tambal Selasa (26/2/2019).

2 dari 5 halaman

1. Makan makanan yang banyak mengandung Vitamin D

Mineral sangatlah penting untuk mendukung kesehatan gigi dan gusi. Sehingga penuhi kebutuhan mineral seperti kalsium dan vitamin D. Tubuh membutuhkan asupan vitamin D untuk penyerapan kalsium.

Tanpa adanya vitamin D yang cukup, tubuh kamu tidak bisa membentuk senyawa kalsitriol yang memadai untuk menyerap kalsium dari makanan sehingga dapat menyebabkan gigi berlubang.

Ada banyak jenis makanan yang mengandung vitamin D di antaranya ikan yang mengandung lemak baik seperti Salmon adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin D. Beberapa varian ikan lain yang juga mengandung vitamin D yang bisa dinikmati adalah herring, sarden, tuna, dan trout.

Meskipun kandungan vitamin D pada telur tidak sebanyak yang ditemukan pada salmon. Setidaknya makan sebutir telur sudah memenuhi 10 persen kebutuhan vitamin D harian sehingga baik untuk kesehatan gigi. Susu sapi atau kambing merupakan sumber vitamin D dan pembentuk kalsium gigi sehingga baik untuk gigi.

Ada juga makanan yang mengandung vitamin D dan bisa merawat gigi berlubang lainnya yaitu susu almond, jamur shiitake, udang bersama dengan keluarganya lobster dan Terakhir, tahu dan tempe yang merupakan fermentasi kedelai adalah makanan yang mengandung vitamin D tinggi sehingga baik untuk kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang.

3 dari 5 halaman

2. Menghindari makanan yang bisa merusak gigi

Banyak makanan yang dapat menyebabkan gigi berlubang diantaranya makanan yang manis. Untuk menghindari atau menyembuhkan gigi berlubang, pastikan untuk mengurangi konsumsi makanan manis. Sebab makanan kaya gula ini akan memancing produksi bakteri dalam mulut dan menggerogoti utuhnya gigi.

Tidak hanya makanan manis terlalu sering mengonsumsi makan yang mengandung asam fitat juga dapat membuat gigi berlubang. Asam fitat ini bisa mencegah gigi untuk menyerap mineral dalam makanan yang akhirnya membuat kesehatan gigi menurun. Untuk itu, hindari makanan yang tinggi akan kandungan asam fitat.

Jangan terlalu mengonsumsi minyak sayur olahan dan makanan cepat saji. Minyak sayur olahan yang berbahaya jika dipanaskan ialah minyak jagung, minyak biji kapas, dan minyak kedelai. Makanan cepat saji terdapat Gliserin yang terkandung di dalamnya dapat menghambat kalsium dalam memineralisasi gigi kamu.

4 dari 5 halaman

3. Konsumsi makanan tinggi nutrisi

Mengonsumsi vitamin dan mineral yang larut dari makanan bernutrisi tinggi dapat mencegah kerusakan gigi. Untuk kesehatan gigi perbanyak konsumsi sayuran berdaun hijau, minyak kelapa, avokad, dan kacang-kacangan.

Wortel tidak hanya baik untuk mata, namun karena tekstur makanan ini berserat, maka ia juga dapat meningkatkan produksi air liur di dalam mulut, dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Serat juga penting bagi kesehatan gigi. Saat kamu mengunyah buah-buahan, terjadi peningkatan air liur untuk melindungi rongga-rongga. Sayuran berdaun hijau kaya vitamin A dan protein yang menjaga gigi dan tulang dalam kondisi baik.Tidak hanya itu makanan bernutri laiinya yang baik untuk kesehatan gigi adalah keju.

Keju merupakan makanan yang dibuat dari susu, kaya akan protein dan kalsium. Kandungan tersebut berguna untuk melindungi dan memperkuat enamel atau lapisan terluar dari gigi.

Mirip dengan keju, yogurt juga tinggi akan kandungan kalsium dan protein. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik atau bakteri baik yang dapat membantu menjaga gusi.

5 dari 5 halaman

4. Rutin pemeriksaan gigi ke dokter

Banyak orang tak menyadari betapa pentingnya kesehatan gigi apalagi gigi berlubang. Hal sederhana untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah dengan sikat gigi 2 kali sehari.

Akan lebih baik lagi jika sebelum tidur, Anda selalu menggosok gigi. Pemeriksaan mandiri kepada dokter gigi merupakan salah satu hal yang penting sehingga dapat membuat seseorang dapat terhindar dari gigi berlubang.

Loading
Artikel Selanjutnya
Harga Samsung Galaxy S8, Smartphone Ciamik dengan Sederet Fitur Premium
Artikel Selanjutnya
6 HP Harga 1 Jutaan Tahun 2019, Ramah di Kantong dengan Fitur Terbaik