Sukses

Gaya Pengasuhan yang Berbeda, Hubungan Orangtua Kerap Panas

Liputan6.com, Jakarta Hubungan ayah dan ibu bisa memanas karena gaya pengasuhan. Kadang ayah menyetujui yang anak inginkan, tapi tidak dengan ibu. Alhasil anak menjadi  bingung dan menggunakan 'perbedaan' tersebut agar bisa mengulangi kesalahannya.

"Prinsip pengasuhan sangat dipengaruhi kebiasaan dan ajaran dari orangtua. Ayah dan ibu membawa kebiasaan dan prinsip masa kecil yang ditanamkan orangtuanya untuk kemudian diterapkan pada buah hatinya. Tentunya hal ini sangat berbeda," ujar Liza Finlay, seorang psikolog, seperti dikutip dari Todays Parent.

Hal pertama yang penting dilakukan orangtua saat memiliki pola asuh berbeda adalah jangan menghakimi. Setiap orang memiliki sudut pandang dan gaya berbeda terkait pengasuhan. Jangan merasa paling baik, justru harus mencari gaya asuh bersama.

"Kita memiliki kecenderungan untuk membuat segalanya tentang kita. Padahal bisa jadi pasangan memiliki gaya asuh berbeda dan justru lebih mengena bagi anak. Cobalah mencari jalan tengah agar kompak dalam menghadapi buah hati," ungkap Finlay.

 

2 dari 2 halaman

Mengasuh Anak

Mengasuh anak tidak bisa hanya mengandalkan intuisi, tapi penting juga untuk 'belajar bersama. Cobalah mengikut kelas parenting, membaca buku seputar pola asuh, sehingga bisa menyamakan pola asuh.

Penting juga untuk membiarkan pasangan 'menyelesaikan' apa yang dimulainya. Saat menghadapi anak yang berulah dan ia menerapkan displin jangan langsung melarang dan menghakimi. Efeknya tentu akan terlihat dan kita bisa tahu mana yang lebih efektif.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading
Artikel Selanjutnya
6 Tips Hadapi Anak yang Mulai Berpikir Kritis
Artikel Selanjutnya
Main Video Game Bikin Anak Lebih Pintar, Benarkah?