Sukses

Gaya Pengasuhan yang Berbeda, Hubungan Orangtua Kerap Panas

Inilah yang menyebabkan orangtua sering memanas.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan ayah dan ibu bisa memanas karena gaya pengasuhan. Kadang ayah menyetujui yang anak inginkan, tapi tidak dengan ibu. Alhasil anak menjadi  bingung dan menggunakan 'perbedaan' tersebut agar bisa mengulangi kesalahannya.

"Prinsip pengasuhan sangat dipengaruhi kebiasaan dan ajaran dari orangtua. Ayah dan ibu membawa kebiasaan dan prinsip masa kecil yang ditanamkan orangtuanya untuk kemudian diterapkan pada buah hatinya. Tentunya hal ini sangat berbeda," ujar Liza Finlay, seorang psikolog, seperti dikutip dari Todays Parent.

Hal pertama yang penting dilakukan orangtua saat memiliki pola asuh berbeda adalah jangan menghakimi. Setiap orang memiliki sudut pandang dan gaya berbeda terkait pengasuhan. Jangan merasa paling baik, justru harus mencari gaya asuh bersama.

"Kita memiliki kecenderungan untuk membuat segalanya tentang kita. Padahal bisa jadi pasangan memiliki gaya asuh berbeda dan justru lebih mengena bagi anak. Cobalah mencari jalan tengah agar kompak dalam menghadapi buah hati," ungkap Finlay.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengasuh Anak

Mengasuh anak tidak bisa hanya mengandalkan intuisi, tapi penting juga untuk 'belajar bersama. Cobalah mengikut kelas parenting, membaca buku seputar pola asuh, sehingga bisa menyamakan pola asuh.

Penting juga untuk membiarkan pasangan 'menyelesaikan' apa yang dimulainya. Saat menghadapi anak yang berulah dan ia menerapkan displin jangan langsung melarang dan menghakimi. Efeknya tentu akan terlihat dan kita bisa tahu mana yang lebih efektif.

Penulis : Mutia Nugraheni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.