Sukses

7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan, Bisa Obati Flu dan Demam

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan bahan-bahan alami untuk memasak menjadi syarat wajib dari masakan Indonesia. Apalagi Indonesia dikenal dengan memiliki rempah-rempahnya yang dapat menjadikan masakan semakin enak. 

Nah, salah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bahan memasak adalah ketumbar. Bahan masakan ini merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu untuk menggoreng ikan atau ayam. Selain itu, ketumbar juga diperlukan untuk membuat bumbu masakan lainnya.

Selain memberikan efek yang gurih pada masakan, ketumbar juga kaya akan manfaat lain khususnya untuk kesehatan, loh. Berikut manfaat ketumbar untuk kesehatan yang telah Liputan6.com rangkum dari Boldsky, Selasa (19/2/2019).

2 dari 4 halaman

Obat kulit dan merangsang pertumbuhan rambut

1. Mengobati Penyakit Kulit

Ketumbar ternyata bermanfaat untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal, eksim, ruam, dan peradangan. Oleskan ketumbar yang sudah ditumbuk dan dicampur dengan air di atas area yang terkena.

2. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Ingin memiliki rambut yang lebat? Kamu bisa perbanyak konsumsi ketumbar yang dapat merangsang pertumbuhan rambut serta memperkuat akar rambut.

3 dari 4 halaman

Obat flu dan jaga kadar gula darah

3. Mengobati Demam dan Flu

Ketumbar ternyata kaya akan vitamin A, beta karoten, asam folat, dan vitamin C. Semua nutrisi ini bermanfaat untuk melawan demam dan flu.

4. Menjaga Kadar Gula Darah

Ketumbar bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Sehingga rajin mengonsumsinya bisa menghindarkanmu dari penyakit diabetes.

4 dari 4 halaman

Sehatkan sistem pencernaan, cegah konjungtivitas dan lancarkan menstruasi

5. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Ketika masuk ke dalam tubuh, ketumbar akan memproduksi zat dan cairan tertentu yang bisa mendukung kesehatan sistem pencernaan.

6. Mencegah Konjungtivitas

Konjungtivitis merupakan penyakit mata yang terjadi karena serangan bakteri. Kamu bisa terhindar dari penyakit ini dengan mengonsumsi ketumbar, sebab ketumbar bersifat anti bakteri, anti inflamasi, serta antioksidan. 

7. Menghindarkan dari Menstruasi yang Abnormal

Rajin mengonsumsi ketumbar bisa menghindarkan wanita dari gangguan menstruasi yang abnormal seperti pendarahan berat atau siklus menstruasi yang tidak teratur.

Loading