Sukses

Remaja 18 Tahun Tak Sadar Telan Tusuk Gigi

Pria ini tidak ingat kapan dan apa yang membuatnya menelan tusuk gigi, sehingga menyebabkan dirinya demam, menggigil, sakit punggung, hingga mengeluarkan tinja berdarah

Liputan6.com, Jakarta Seorang pemuda 18 tahun tidak sadar ketika dirinya menelan sebuah tusuk gigi. Benda tajam itu bahkan menusuk dinding usus bawahnya hingga ke dalam arteri.

Dilansir dari Live Science pada Jumat (1/2/2019), kasus yang diterbitkan di New England Journal of Medicine mengungkapkan, kasus ini menyebabkan pendarahan dan infeksi aliran darah. Sayangnya, pria ini tidak ingat menelan tusuk gigi, bahkan tidak menyadarinya. Butuh berminggu-minggu hingga tiga kali mengunjungi rumah sakit untuk benar-benar menemukan sebuah tusuk gigi di dalam tubuhnya.

Pria yang tidak disebutkan namanya itu mengatakan semua bermula ketika dia pergi ke Amerika Serikat bagian tenggara. Dalam perjalanan, dia menderita sakit perut, demam, mual, dan diare yang membuatnya harus ke gawat darurat. Dokter yang melakukan tes darah dan CT Scan tidak menemukan apapun sehingga dia diperbolehkan kembali ke hotel setelah 5 jam.

Namun, dua minggu berikutnya, sakit perut kembali melanda pria itu. Kali ini, punggungnya nyeri dan disertai tinja berdarah. Pemindaian di UGD mengungkap adanya udara dan cairan di usus besarnya. Pria yang diketahui sebagai seorang atlet ini akhirnya kembali ke kotanya, New England.

Di Massachussetts General Hospital, Boston, pria itu diminta untuk melakukan kolonoskopi. Namun sebelum itu, dia empat mengalami demam, menggigil, hingga pendarahan parah di feses. Tes juga memperlihatkan adanya infeksi bakteri dalam darah.

Saat melakukan prosedur kolonoskopi, barulah diketahui penyebab semua itu adalah sebuah tusuk gigi berukuran 5 sentimeter yang menusuk dinding usus besar pria tersebut.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak sadar menelan tusuk gigi

Internis yang merawat pasien itu, Dr. Fabian J. Scheid mengatakan pada New York Times bahwa mereka terkejut. Terutama, saat pria ini mengatakan dirinya tidak menelan apapun sebelumnya.

Dokter akhirnya melepaskan benda ini dengan bantuan endoskop. Namun, karena luka di arterinya, dia segera dioperasi untuk memperbaiki kerusakan dan menghentikan pendarahannya.

Tusuk gigi memang sangat berbahaya jika tertelan. Di 2014, dokter dari Jerman menemukan bahwa 80 persen pasien yang menelan tusuk gigi mengalami luka di usus mereka. Sementara 10 persennya meninggal dunia.

"Jarang ada seseorang yang mengalami komplikasi seperti ini, pada tingkat ini, dengan menelan tusuk gigi," kata Dr. Jefry Biehler dari Niclaus Children's Hospital di Miami yang tidak terlibat dengan kasus ini.

Biehler menambahkan, jika seseorang tidak sadar telah menelan tusuk gigi, ini bisa sangat sulit terdiagnosis. Bahkan, dengan menggunakan pencitraan seperti sinar-X atau ultrasonik.

New York Times melaporkan, pria itu akhirnya ingat bahwa dia pernah makan sandwich yang sulit untuk dicerna sebelum jatuh sakit. Dia juga harus dirawat selama 10 hari dan mengonsumsi antibiotik untuk infeksi darahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.