Sukses

Bukan Titi Wati, Pria Ini Pemilik Berat Badan Terbesar Sepanjang Sejarah

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda berpikir bahwa wanita asal Palangkaraya, Titi Wati, merupakan orang dengan berat badan terbesar di dunia, Anda keliru. Masih ada individu lain di dunia yang memiliki berat badan jauh lebih besar daripada dirinya.

Mengutip laman guinnessworldrecords.com pada Senin (21/1/2019), tercatat bahwa orang terberat dalam sejarah medis adalah Jon Brower Minnoch asal Amerika Serikat. Pria ini sudah mengalami obesitas sejak kecil.

Pria yang dilahirkan tahun 1941 ini memiliki tinggi 185 sentimeter dengan berat 178 kilogram di tahun 1963. Kemudian, tahun 1966 naik menjadi 317 kilogram dan pada September 1976 beratnya mencapai 442 kilogram.

"Pada bulan Maret 1978, Minnoch dirawat di University Hospital, Seattle, di mana konsultan ahli endokrin Dr. Robert Schwartz menghitung bahwa Minnoch pasti memiliki berat lebih dari 635 kilogram," tulis laman pencatat rekor dunia tersebut. Schwartz mencatat, berat badan Minnoch terdiri dari banyak akumulasi air karena gagal jantung kongestif. 

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Membutuhkan 13 orang untuk menggulingkannya

Mereka juga melaporkan bahwa untuk membawanya ke rumah sakit di Seattle, butuh selusin petugas pemadam kebakaran dan tandu khusus. Dia dipindahkan dari rumahnya ke kapal feri.

"Ketika dia tiba di rumah sakit, dipenuhi dengan cairan dan menderita gagal jantung dan pernapasan, dia ditempatkan di dua tempat tidur yang diikat bersama. Butuh 13 orang hanya untuk menggulingkannya."

Minnoch dilaporkan memangkas kalori hingga 1.200 per hari selama dua tahun. Ini membuatnya memangkas berat hingga 216 kilogram. Namun, di 10 September 1983, dia meninggal dunia karena obesitasnya dengan berat badan lebih dari 362 kilogram.

Di Indonesia, dua orang yang mendapat sorotan karena obesitas adalah bocah yang saat itu berusia 10 tahun bernama Aria Permana dengan bobot hingga 193 kilogram dan yang terbaru adalah Titi Wati dengan berat hingga 350 kilogram. Aria dilaporkan sudah berhasil mengurangi berat badannya, sementara Titi Wati telah melakukan operasi pengecilan lambung.

Pesta Pernikahan Risa Saraswati Dihadiri Sahabat Gaib

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Camilan Titi Wati, dari Makan Gorengan sampai Gemar Kunyah Es Batu
Artikel Selanjutnya
Menanti Kepulangan Titi Wati Setelah Operasi Pengecilan Lambung