Sukses

Penyebab Ambeien dan Cara Mengatasinya, Jangan Sering Mengejan Terlalu Keras

Penyakit ambeien disebut juga dengan wasir.

Liputan6.com, Jakarta Pernah mengalami ambeien atau wasir? Ambeien atau wasir benjolan di dalam anus akibat pembuluh darah vena yang membengkak dan meradang. Biasanya, wasir disebabkan karena sering mengejan terlalu keras saat BAB. Tekanan yang terlalu banyak pada rektum dan anus membuat pembuluh darah dalam anus mengalami pembengkakan. Dalam penyakit ini terdapat dua jenis yaitu internal hemorrhoid dan external hemorrhoid.

Sebenarnya penyebab ambeien dan cara mengatasainya dapat dilakukan dengan cara-cara yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Penyebab ambeien ini umumnya berasal dari hal-hal sederhana yang kerap kita lakukan atau sedang dalam kondisi yang tidak fit.

Dalam aktikel ini akan membahas tentang penyebab ambeien dan cara mengatasinya yang telah dirangkum Liputan6.com, Selasa (15/1/2019) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyebab Ambeien

Penyebab ambeien yaitu pembengkakan pembuluh darah vena. Pembengkakan bisa terjadi akibat meningkatnya tekanan di rektum bagian bawah. Faktor yang meningkatkan tekanan tersebut yaitu:

Mengejan saat BAB

Duduk terlalu lama

Diare atau sembelit kronis

Berat badan berlebih atau obesitas

Hamil

Kurang asupan makanan berserat

Faktor-faktor lain yang bisa menjadi penyebab ambeien atau wasir antara lain:

Sembelit kronis. Feses yang mengeras akibat sembelit membuat kamu harus mengeluarkan tenaga lebih banyak untuk mengejan. Tekanan ekstra tersebut akhirnya bisa memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, menjadi penyebab wasir.

Kehamilan. Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus.

Duduk terlalu lama. Kebiasaan duduk yang terlalu lama bisa menjadi penyebab wasir, sebab pembuluh darah di sekitar anus akan banyak terisi darah. Aliran darah yang konstan tersebut akhirnya akan menekan dinding pembuluh darah hingga semakin membesar.

Mengangkat benda berat. Berulang kali mengangkat benda yang berat bisa jadi penyebab wasir karena adanya penumpukan tekanan di bagian rektum yang akan memengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

Usia. Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak. Inilah yang akhirnya jadi penyebab wasir.

Melakukan hubungan sex yang tidak lazim

Menderita diare yang lama (diare yang tidak kunjung sembuh)

Pola makan yang sembarangan (merokok, sering makan makanan yang pedas dan bersantan, sering minum alkohol dan soda) dan gaya hidup yang tidak teratur

Kurang berolahraga

Terjadinya penekanan kembali aliran darah vena.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Ambeien

Terdapat beberapa cara untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Berikut penjelasannya.

Dengan Cara Alami

Terdapat beberapa bahan alami yang bisa dicoba untuk menyembuhkan penyakit ambeien.

Cuka Apel. Rendam kapas di cuka apel dan oleskan perlahan di daerah ambeien.

Lidah Buaya. Cuci bersih lidah buaya kemudian blender. Konsumsi jus lidah buaya setiap hari agar saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak sehingga mencegah penyumbatan.

Bawang Putih. Tumbuh halus bawang putih kemudian oleskan pada benjolan disekitar anus. Atau untuk melawan bakteri bisa konsumsi jus bawang putih setiap hari agar benjolan ambeien segera kempes.

Kulit Manggis. Keringkan kulit manggis kemudian rebus dan minum air rebusan tersebut setiap hari.

Daun Sirsak. Siapkan 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air mineral kemudian rebus. Minum rebusan air daun sirsak setiap pagi dan malam

Akar kangkung. Cuci bersih batang dan akar kangkung kemudian rebus dengan 2 gelas air mineral. Minum air rebusan tersebut setiap hari.

Urang-aring. Untuk diminum, rebus daunnya dan minum air rebusannya. Untuk dioleskan, tumbuk daun urang-aring hingga halus dan oleskan pada benjolan.

Dengan obat ambeien dalam bentuk krim dan obat supositori dapat membantu meredakan gejala-gejala seperti rasa nyeri dan gatal akibat ambeiendengan operasi pengangkatan ambeien atau wasir. Operasi angkat ambeien disebut juga dengan hemoroidektomi.

Hemoroidektomi adalah cara mengobati ambeien berat dan kambuhan yang paling efektif. Hemoroidektomi akan mengangkat jaringan berlebih yang menyebabkan perdarahan. Operasi ambeien ini dapat dilakukan dengan bius lokal yang dikombinasikan dengan obat penenang, bius spinal, atau bius umum.

Setelah mengetahui penyebab ambeien dan cara mengatasinya sebaiknya lakukan kebiasaan-kebiasaan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat mengatasi penyakit tersebut. Beberapa hal yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyebab ambeien adalah konsumsi makanan dengan serat tinggi dan minum air putih secara rutin

Duduk d ibak mandi dengan air hangat selama 10 menit.

Banyak olahraga

Jagalah kebersihan dia area anus

Jangan gunakan kertas pembersih toilet kering

Jika sudah mengalami ambeien kompres dingin anus dengan menggunakan kantong es untuk meredakan bengkak.

Demikian pembahasan terkait penyebab ambeien dan cara mengatasinya semoga bermanfaat dan selalu jaga kesehatan.

 

Reporter: Loudia Mahartika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini