Sukses

Olahraga Saat Flu Bikin Cepat Sembuh, Mitos atau Fakta?

Katanya, flu bakal cepat reda bila dengan berolahraga. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa orang juga yang mengatakan saat sakit flu bisa dilawan dengan berolahraga. Katanya, flu bakal cepat reda dengan berolahraga.

"Hingga saat ini, tidak ada data yang membuktikan olahraga bisa sebagai terapi (saat sakit)," kata David Nieman yang sudah bertahun-tahun mempelajari efek olahraga dan imunitas tubuh.

Malah, bila orang yang sedang sakit flu atau common cold lalu berolahraga membuat kondisinya memburuk. Hal ini seperti dilihat dari studi yang dilakukan pada hewan.Agar cepat sembuh, pastikan tunda dulu berolahraga.

"Istirahat, itu yang paling direkomendasikan saat flu," katanya seperti dilansir laman Time, Sabtu (22/12/2018).

Sementara itu, dokter spesialis penyakit dalam dari NorthShore University HealthSystem, Leah Mooshil Durst mengatakan orang yang terkena virus cold aman-aman saja melakukan olahraga.

"Tidak ada perbedaan respons tubuh ketika olahraga saat terserang cold virus," katanya seperti dilansir Everyday Health.

Namun, hal di atas tidak berlaku bagi semua orang. Pada orang yang flu atau common cold dengan kondisi tertentu perlu diwaspadai.

"Jika punya kondisi asma, penyakit jantung, dan penyakit lainnya Anda harus konsultasikan ke dokter terlebih dahulu. Bisa saja olahraga malah membuat kondisi makin buruk," kata dokter yang mendalami penyakit infeksi Catherine Liu dari University of California.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.