Sukses

4 Cara Singkirkan Lemak Perut, Terbukti Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Lemak perut jenis visceral atau visceral fat terletak dekat dengan organ-organ vital di area perut. Kehadiran visceral fat ini tak hanya pada orang gemuk, yang kurus juga bisa memiliki lemak satu ini.

Lemak visceral berada di bawah otot perut, lemak ini tidak bisa dilihat atau disentuh. Lemak ini berkumpul di sekitar organ internal, seperti hati, jantung dan pankreas, dan perut.

Kehadiran lemak visceral ini sangat berbahaya karena bermain dengan hormon normal dan fungsi kimia sehingga meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung.

Untuk menyingkirkan lemak perut tipe visceral ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Paling tidak empat hal berikut ini bisa dilakukan dan terbukti menyingkirkan lemak perut seperti dilansir Express, Sabtu (14/12/2018).

1. Perbanyak makan serat

Saran pertama tampak sederhana tapi terbukti ampuh mengurangi lemak visceral. Studi yang dilakukan Wake Forest Baptist Medical Centre mengungkapkan mengonsumsi 10 gram serat bisa menurunkan 3,7 persen lemak visceral.

Pilih serat yang kaya air dan membuat perasaan kenyang seperti apel, kacang-kacangan, seledri, mentimun, wortel. Namun, bukan berarti sumber serat lain seperti brokoli, kubi, dan sayuran tidak boleh ya.

2. Konsumsi biji-bijian (whole grain)

Whole grain adalah produk makanan biji-bijian yang disajikan tanpa melalui proses pengolahan dan penggilingan. Contoh makanan whole grain adalah gandum, oat, jagung, quinoa.

Menurut American Journal of Clinical Nutrition mengonsumsi makanan tersebut bisa secara signifikan mengurangi lemak perut.Biji-bijian di atas dapat membuat Anda merasa kurang kenyang, yang membuat nafsu makan menurun.

 

2 dari 2 halaman

3. Makan lemak sehat

 

Jangan lupa juga makan lemak sehat seperti minyak zaitun, avokad, dan kacang. Studi American Diabetes Association berdampak pada lingkar pinggang.

 

4. Pangkas porsi makan

Diet rendah kalori memiliki dampak efektif mengurangi lemak perut. Diet rendah kalori dengan memangkas asupan kalori yang masuk ke tubuh berdampak mengurangi 12 persen lemak yang ada di perut dan lima persen lemak di tubuh.

Selain mengatur makanan, jangan lupa juga olahraga agar bisa membakar lemak visceral. Dokter Luke James asal Inggris mengatakan olahraga HIIT atau High Intensity Interval Training efektif membakar lemak.

Kecelakaan Maut di Jalan Lintas Sumatera, 5 Tewas
Loading
Artikel Selanjutnya
11 Makanan Ini Bisa Singkirkan Lemak di Perut