Sukses

Susah BAB? 7 Tips Ini Bantu Anda Lancarkan Pencernaan

Jika Anda mengalami susah BAB atau sembelit, beberapa tips ini mungkin boleh dicoba untuk mengatasinya

Liputan6.com, Jakarta Susah buang air besar (BAB) mungkin bukan masalah terburuk yang pernah Anda lalui. Walaupun begitu, sembelit pastinya bukan hal yang nyaman.

Karena itu, ada beberapa cara untuk "mempercepat" BAB Anda. Dilansir dari Women's Health pada Minggu (25/11/2018), berikut ini tips sederhana yang bisa dicoba untuk melancarkan pencernaan Anda.

1. Mengonsumsi serat

Makanan kaya serat dengan kandungan air seperti wortel, apel, dan alpukat sangat membantu untuk melancarkan BAB. Menurut gastroenterologist Christine Lee dari Cleveland Clinic, makanan tersebut menciptakan gradien osmotik. Ini berarti mereka memaksa lebih banyak air untuk ditarik ke usus besar saat mencerna.

2. Mengonsumsi suplemen berserat

Lee mengatakan, Anda juga bisa mendapatkan efek makanan berserat dari suplemen. Carilah dosis tambahan harian dengan jumlah enam hingga sembilan gram serat yang tersedia tanpa resep.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konsumsi kopi

3. Minum kopi panas

Minuman hangat seperti kopi atau teh, terutama di pagi hari, membantu seseorang untuk terbangun dan aktif. Panas dari kopi bisa merangsang gerakan. Salah satunya pergerakan usus.

4. Sedikit olahraga

"Hiking, berjalan di tanah tidak rata, jogging, bersepeda, semuanya bisa meningkatkan metabolisme yang pada waktunya, meningkatkan motilitas usus," kata Lee. Ini menjadi alasan mengapa kita saat tubuh bergerak aktif, seringkali kita merasa ingin BAB.

 

3 dari 4 halaman

Pemijatan

5. Memijat perineum

Sebuah studi 2015 di Journal of General Internal Medicine, memijat perineum (bagian tubuh berupa hamparan kulit yang memisahkan vagina dengan anus) menggunakan telunjuk, membantu meringankan sembelit. Dalam studi itu, peserta yang melakukannya mengalami peningkatan fungsi usus dibandingkan dengan yang tidak.

 

4 dari 4 halaman

Obat pencahar

 6. Menggunakan obat pencahar bebas resep

Lee mengatakan, ada beberapa obat pencahar alami yang berfungsi untuk mengatasi sembelit dengan dosis rendah. Namun, jika terlalu banyak digunakan, ini bisa menimbulkan diare.

7. Obat pencahar dengan resep

Jika keadaan menjadi sangat buruk, Lee meminta Anda untuk segera pergi ke dokter dan meminta resep pencahar. "Obat resep efektif. Namun harganya mahal, umumnya ini menjadi upaya terakhir setelah Anda mencoba metode lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.