Sukses

7 Cara Menghilangkan Ketombe dengan Jeruk Nipis, Cepat dan Ampuh

Penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Liputan6.com, Jakarta Ketombe merupakan kulit kepala yang mati dan mengering hingga terkelupas. Hal ini biasa terjadi banyak orang. Munculnya ketombe tentu bisa membuat penampilan nggak oke dan berpengaruh pada tingkat percaya diri karena seperti ada salju yang terus menerus turun dan mengotori baju. Nggak heran banyak orang berusaha menggunakan beragam cara menghilangkan ketombe.

Penyebab ketombe sendiri sih bermacam-macam, mulai dari kulit kepala yang kering hingga produk shampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala. Nah, sebelum mengetahui cara menghilangkan ketombe, yuk simak dulu apa aja sih penyebab ketombe.

Jarang keramas. Jarang keramas atau mencuci rambut tentu akan membuat kulit kepala yang mati dan kering menumpuk dan menyebabkan ketombe.Terlalu sering keramas. Sebaliknya, terlalu sering keramas atau mencuci rambut akan membuat rambut tidak memiliki waktu untuk membuat memproduksi minyak rambut alami agar kulit kepala tidak kering dan berketombe.Kulit kering. Hal ini menjadi penyebab paling umum dari adanya ketombe. Kulit kering tidak hanya bisa terjadi pada kulit kepala saja, namun bisa pada kulit tangan dan kaki.

Infeksi jamur malassezia. Jamur malassezia ini biasa hidup di kulit kepala dan tidak berakibat penting pada kulit kepala. Namun jika berlebihan, jamu ini akan menyebabkan iritasi kulit kepala hingga berketombe. Produk shampo dan conditioner yang tidak cocok dengan kulit kepala. Memilih produk shampo dan conditioner yang tepat bagi kulit kepala juga termasuk dalam faktor penting agar kulit kepala tidak berketombe.

Jika kamu sudah mencoba bermacam-macam shampo anti-ketombe namun tidak juga merasakan hasilnya, tidak ada salahnya kamu mencoba cara menghilangkan ketombe secara alami. Nah, kamu bisa memanfaatkan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami.

Jeruk nipis merupakan jenis jeruk yang paling kaya mengandung vitamin C. Tidak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, asam folat, zat besi, fofsor, magnesium, kalium, seng, dan gula. Tidak lupa juga asam sitrat yang membuat rasa asam. Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Kamu dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambutmu atau untuk mengatasi kebotakan. Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (31/10/2018) beberapa cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis. Bahan alami ini bisa digunakan untuk mengusir ketombe.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Jeruk Nipis dan lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C. Berkat kandungan tersebut, lidah buaya juga sangat ampuh digunakan sebagai cara menghilangkan ketombe secara alami. Apalagi jika dikombinasikan dengan jeruk nipis. Penggunaan lidah buaya yang dicampur jeruk nipis merupakan salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami.

Caranya:

Siapkan 1 batang lidah buaya, potong dan ambil gelnya.Peras 1 buah jeruk nipis dan ambil airnya. Campurkan gel lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan air jeruk nipis.Aduk rata, kemudian balurkan pada rambut sambil dipijat dengan lembut.Diamkan selama 25 menit kemudian keramas seperti biasa.

3 dari 8 halaman

2. Jeruk nipis dan yogurt

Lactic acid yang terdapat di dalam yogurt akan bagus untuk eksfoliasi sel-sel kulit mati di kepala. Sementara kandungan citric acid yang terdapat di dalam jeruk nipis mampu menyeimbangkan pH dan bisa mengurangi produksi ketombe. Nah, perpaduan jeruk nipis dan yogurt merupakan cara menghilangkan ketombe secar aalami yang ampuh.

Caranya:

Campurkan perasan setengah jeruk nipis dengan 2 - 3 sendok makan yogurt. Balurkan ke kulit kepala, biarkan selama 30 menit dan keramas seperti biasa.Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

4 dari 8 halaman

3. Jeruk pipis dan madu

Madu akan meringankan iritasi, melembabkan dan menutrisi kulit kepala. Selain itu campuran jeruk nipis dan juga madu ini merupakan perpaduan yang ampuh sebagai cara menghilangkan ketombe.

Caranya:

Campurkan 2 sendok makan air jeruk nipis dengan 2 sendok makan madu.Balurkan campuran tersebut pada rambut secara merata dan diamkan dalam kurun waktu 30 menit kemudian bersihkan.

5 dari 8 halaman

4. Jeruk nipis dan minyak essential

Perpaduan jeruk nipis dan minyak essential bermanfaat sebagai cara menghilangkan ketombe yang efektif. Pasalnya, kandungan minyak essential berguna untuk melembabkan kulit kepala.

Caranya:

Siapkan minyak essential seperti halnya olive oil, almond oil, coconut oil.Campurkan 2 sendok makan air perasan jeruk lemon dengan 3 sampai 4 sendok minyak essential.Balurkan campuran tersebut ke rambut, bungkus dengan menggunakan handuk hangat lalu tunggu 1 jam, setelah itu keramas hingga bersih.

6 dari 8 halaman

5. Jeruk nipis dan telur

Telur dapat dijadikan masker untuk rambut, dengan satu sendok makan perasan jeruk nipis dapat memberikan banyak manfaat. Tidak hanya menghilangkan ketombe tapi juga menguatkan rambut.

Caranya:

Campurkan telur kocok dengan air jeruk nipis.Oleskan pada kulit kepala dan biarkan kering selama 30 menit. Cuci dengan shampo ringan.

7 dari 8 halaman

6. Jeruk nipis dan garam

Selain digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata garam dapur bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe. Sifat scrub dari bahan ini mampu mengangkat kulit mati pada kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis dan garam:

Peras 1 buah jeruk nipis.Sediakan 1 sendok teh garam lembut, kemudian campurkan dengan air perasan jeruk nipis.Diamkan selama 20 menit sampai 25 menit kemudian bilas hingga bersih.

8 dari 8 halaman

7. Jeruk nipis dan teh

Cara menghilangkan ketombe dengan jeruk nipis juga bisa dipadukan dengan teh. Kombinasi teh dan jeruk nipis dapat menjadi cara menghilangkan ketombe dan meremajakan kulit yang meradang.

Caranya:

Siapkan 2 sendok teh bubuk atau chai patti, tambahkan setengah cangkir air panas.Saring rebusan dan tambahkan satu sendok teh jeruk nipis. Gunakan rebusan ini dan aplikasikan di kulit kepala.Pastikan suhunya tidak mendidih panas.Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini