Sukses

Kenali 3 Gejala Utama Kanker Usus

Liputan6.com, Inggris Kanker usus merupakan istilah umum untuk kanker yang dimulai di usus besar. Namun, tergantung pada di mana kanker dimulai. Kanker usus kadang-kadang disebut kanker kolon atau rektum.

Pada umumnya, gejala kanker usus tidak terdeteksi sehingga tidak membuat Anda merasa sakit. Dan, kanker usus besar paling sering terjadi pada orang berusia di atas 60. Orang yang berusia antara 60 dan 74 tahun memenuhi syarat untuk skrining kanker usus dari laporan NHS.

Skrining kanker usus melibatkan penggunaan alat uji rumah untuk mengirim beberapa sampel dari tinja. Skrining untuk menguji, apakah ada darah pada tinja atau tidak.

Ini dapat membantu mendeteksi kanker usus sebelum gejala muncul. Jadi, lebih mudah untuk mengobati dan meningkatkan kemungkinan bertahan hidup, menurut NHS.

Oleh karena itu penting untuk mengenali gejala kanker usus. Dilansir dari Express, Selasa (23/10/2018), lebih dari 90 persen orang dengan penyakit ini akan mengalami salah satu dari tiga gejala utama kanker usus.

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

Buang air besar terus-menerus

Gejala ini ditandai bolak-balik ke toilet lebih sering dengan kotoran yang lebih encer. Kadang-kadang bisa disertai dengan nyeri perut.

Nyeri perut atau kembung

Kebanyakan orang dengan gejala-gejala ini tidak akan menderita kanker usus, tetapi National Health Service Inggris menyarankan segera temui dokter jika nyeri perut atau kembung bertahan lebih lama selama lebih dari empat minggu.

3 dari 3 halaman

Darah dalam tinja

Darah dalam tinja bisa menjadi tanda kanker usus. Darah pada tinja akibat pembengkakan pada pembuluh darah yang membesar.

Pembengkakan berada di dalam atau di sekitar dubur dan anus. Selain darah dalam tinja, gejala-gejala lain dari adanya lendir setelah buang air besar, rasa nyeri, kemerahan, dan bengkak di sekitar anus.

Membanggakan, Via Vallen Raih Penghargaan Musik Di Rusia
Loading
Artikel Selanjutnya
Penyebab Kanker Usus, Penyakit Titi Qadarsih Sebelum Meninggal
Artikel Selanjutnya
Gadis Kecil Pengidap Kanker Langka Lakukan Ini di Pernikahan Pendonor Sumsum Tulangnya