Sukses

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Dengan Alami, Cepat, dan Mudah

Adanya tahi lalat di tubuh atau wajah kita tentu keberadaannya tak bisa dihindari. Keberadaan tahi lalat adalah hal yang wajar di mana hampir setiap orang pasti memilikinya.

Jakarta Adanya tahi lalat di tubuh atau wajah kita tentu keberadaannya tak bisa dihindari. Keberadaan tahi lalat adalah hal yang wajar di mana hampir setiap orang pasti memilikinya.

Tahi lalat sendiri adalah bintik berwarna coklat atau kehitaman pada kulit. Bintik ini terbentuk karena penumpukan pigmen melanosit dan sebenarnya tidak berbahaya.

Tahi lalat sering disebut beauty mark, pasalnya bintik gelap di kulit ini sering dianggap bisa menambah daya tarik wajah. Tetapi tak jarang tahi lalat justru membuat seseorang tidak percaya diri dengan penampilannya. Lantas banyak yang ingin tahu cara menghilangkan tahi lalat untuk mengatasi problem kecantikan tersebut.

Adakah cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan efektif? Rupanya ada banyak tips yang bisa dicoba. Berikut ini cara menghilangkan tahi lalat yang mudah serta aman, seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Jumat (21/9/2018) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat mati di bibir dan pipi

Tahi lalat mati adalah istilah yang digunakan untuk menyebut bintik hitam atau kecoklatan yang tidak berubah ukuran selama bertahun-tahun. Tak jarang pemilik tahi lalat yang ingin menghilangkan tanda lahir tersebut. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat seperti ini?

Jika ada tahi lalat menonjol yang ingin dihilangkan, normalnya kita akan disarankan untuk mengunjungi ahli dermatologi atau dokter kulit. Mereka akan menawarkan satu dari beberapa prosedur cara menghilangkan tahi lalat di bawah ini.

Penyemprotan cairan nitrogen: Digunakan untuk membekukan tahi lalat.

Cauter: Pembakaran jaringan tahi lalat secara medis

Bedah cukur: Digunakan untuk membuang tahi lalat berukuran kecil.

Bedah eksisi: Prosedur yang satu ini khusus untuk tahi lalat yang lebih besar.

Cara menghilangkan tahi lalat di atas memang relatif lebih mahal, namun paling rendah risikonya bagi pasien.

3 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat dengan madu

Madu dipercaya sebagai bahan alami terbaik untuk mencerahkan kulit dan mengatasi masalah kulit. Juga dipercaya dapat menghilangkan tahi lalat. Berikut cara menghilangkan tahi lalat dengan madu yang bisa dicoba seperti dilansir dari Leaf.

Aplikasikan madu organik murni pada tahi lalat. Setelah itu tutup dengan plester. Ulangi langkah ini setiap pagi dan malam selama 6 minggu sampai tahi lalat memudar.

4 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat dengan bawang

Selain madu, bawang putih juga diyakini bisa mengeringkan tahi lalat dan memudarkannya. Cukup tempelkan cairan bawang putih segar pada tahi lalat setiap hari.

5 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat secara alami dan permanen

Selain madu dan bawang putih, ada beberapa cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan alami lainnya yang bisa dicoba. Berikut ulasannya

1. Cuka apel

Teteskan cuka apel pada kapas, kemudian tempelkan pada tahi lalat. Tutup dengan perban bersih selama 1 jam. Praktikkan cara menghilangkan tahi lalat ini setiap hari sampai bekasnya memudar.

2. Iodium

Teteskan cairan iodium pada tahi lalat untuk mematikannya dari dalam.

3. Baking soda dan minyak jarak (castor oil)

Oleskan campuran baking soda dan castor oil pada tahi lalat, kemudian diamkan semalaman. Ulangi langkah ini setiap hari sampai tahi lalat memudar. Hentikan pemakaian jika terjadi iritasi.

4. Kulit pisang

Kulit pisang mengandung enzim pencerah alami yang bisa membantu memudarkan tahi lalat. Tempelkan bagian dalam kulit pisang pada tahi lalat selama sejam. Lakukan setiap hari sampai tahi lalat benar-benar hilang.

5. Tea tree oil

Oleskan tea tree oil pada tahi lalat 2 kali sehari. Boleh juga dioleskan setiap malam sebelum tidur.

6 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat dengan lidah buaya

Lidah buaya dengan sifat mencerahkan dan mereparasi kulit yang dimilikinya juga diyakini bisa memudarkan tampilan tahi lalat. Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat dengan bahan ini?

Cara menghilangkan tahi lalat dengan aloe vera atau lidah buaya adalah dengan mengoleskannya pada kulit, kemudian balut dengan perban bersih selama 3 jam.

7 dari 7 halaman

Cara menghilangkan tahi lalat akibat kosmetik

Tahi lalat yang muncul akibat penggunaan kosmetik sebenarnya adalah flek. Bintik seperti ini justru lebih mudah lagi dihilangkan, atau setidaknya disamarkan.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan tahi lalat karena penggunaan kosmetik, dilansir Vogue.

1. Tabir surya

Menurut ahli dermatologi Alan J. Parks, M.D., tabir surya dengan kandungan zinc oxide atau titanium dioxide akan membantu mencegah tahi lalat semakin gelap dan menyamarkannya secara perlahan.

2. Vitamin C

Vitamin C yang diaplikasikan secara topikal juga bisa membantu memudarkan tahi lalat karena penggunaan kosmetik berkat enzim yang mampu mencegah pembentukan melanin di dalamnya.

3. Peeling kimiawi

Krim atau gel peeling yang mengandung trichloroacetic acid (TCA) atau glycolic acid akan mengelupas kulit mati dan merangsang pembentukan sel kulit baru. Efektif untuk memudarkan tahi lalat akibat penggunaan kosmetik.

4. Retin A

Gunakan krim malam yang mengandung Retin A untuk memudarkan tampilan tahi lalat akibat penggunaan kosmetik.

5. Serum pencerah

Bahan aktif dalam serum akan memudarkan tahi lalat berupa flek, bekas luka, dan jerawat secara efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.