Sukses

Kenali Gejala Infeksi Hepatitis B

Orang yang terinfeksi hepatitis B, biasanya tidak langsung merasakan gejala.

Liputan6.com, Jakarta Hepatitis B merupakan merupakan peradangan pada organ hati. Bila tidak diatasi bisa menyebabkan sirosis atau bahkan yang lebih fatal, kanker hati.

Hepatitis B menular lewat kontak darah, luka terbuka, atau cairan tubuh. Selain itu, penyebaran virus hepatitis B bisa vertikal dari ibu ke anak.

Orang yang terinfeksi hepatitis B, biasanya tidak langsung merasakan gejala. Orang tersebut merasa baik-baik saja. Baru sekitar satu hingga enam bulan sebagian orang memperlihatkan gejala seperti berikut dilansir WebMD, Senin (3/9/2018).

- Mata kuning

- Warna feses jadi lebih terang

- Demam

- Lelah yang terasa berminggu-minggu bahkan bulan

- Kehilangan nafsu makan, mual, muntah

- Sakit perut

 

 Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terdeteksi tidak sengaja

Berhubung orang dengan hepatitis B tidak langsung merasakan gejala, tak jarang kondisi tersebut diketahui secara tidak sengaja.

"Biasanya seseorang ketahuan dia menderita hepatitis B saat donor darah. Untuk mendonorkan darah, darah harus dicek kesehatannya. Dari cek itu ketahuan, positif hepatitis B atau tidak," kata Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Irsan Hasan beberapa waktu lalu.

Hepatitis B juga bisa terdeteksi tatkala seseorang melakukan medical check-up (pemeriksaan kesehatan). Dengan pemeriksaan menyeluruh itu bisa diketahui apakah seseorang terkena hepatitis B atau tidak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.