Sukses

Jenis Kelelahan Ini Paling Ditakuti Para Ibu

Ibu sebaiknya lebih sering-sering bersantai agar psikologisnya tidak gampang lelah.

Liputan6.com, Jakarta Fisik dan emosi ibu terkuras saat menghadapi perilaku anak sehari-hari. Terutama yang memiliki dua anak balita. Kewalahan dan lelah fisik pun dialami hampir setiap hari.

Hal ini tentunya juga sangat mempengaruhi kondisi psikologis ibu. Stres, merasa gagal, semacam tak terkoneksi secara emosi dengan anak-anak, kehilangan hasrat untuk mengasuh bahkan ada kecenderungan untuk melarikan diri dari rumah.

"Kelelahan psikologis orangtua, baik pada ibu dan ayah, adalah hal yang tak boleh dibiarkan. Kondisi ini menandakan adanya sesuatu yang tak seimbang. Ibu biasanya yang paling merasakan," kata seorang Psikolog Mark Traves dikutip dari Parental pada Jumat, 31 Agustus 2018.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengurus Anak Bikin Ibu Kelelahan

Mengurus anak-anak dari pagi hingga malam, belum lagi menyelesaikan pekerjaan rumah tangga dan dituntut untuk selalu bersikap lembut dan sabar. Dalam kondisi ini, pihak suami harus berperan besar.

"Cobalah lebih peka dengan kondisi psikologis ibu. Membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, mengurus si kecil atau merekrut asisten rumah tangga bisa jadi solusi," ungkap Travers.

Jangan segan untuk membiarkan ibu menikmati waktunya untuk bersenang-senang. Misalnya saat akhir pekan, biarkan ibu memanjakan diri ke salon dan ayah menjaga anak-anak. Meski hanya dilakukan sesekali cukup membantu menjaga kesehatan psikologis ibu.

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini