Sukses

6 Alasan Telur Makanan Paling Sehat

Berikut 6 alasan mengapa telur adalah makanan paling sehat

Liputan6.com, Jakarta Telur menjadi salah satu makanan paling banyak dikonsumsi orang, selain karena praktis telur juga sangat bergizi dan sering disebut sebagai "multivitamin alami". Telur mengandung antioksidan unik dan membantu menutrisi otak dengan baik.

Harga telur memang tengah naik, tapi ini 6 alasan mengapa telur adalah makanan paling sehat, seperti dilansir dari Healthline, Kamis (2/7/2018).

1. Telur utuh adalah makanan paling bergizi

Sebutir telur mengandung nutrisi yang luar biasa. Telur dipenuhi dengan vitamin seperti vitamin B12, B2, A, B5, dan E, mineral, protein tinggi, lemak baik, termasuk kalsium, zat besi, kalium, sen, mangan, folat dan banyak lagi. Telur megandung 77 kalori, dengan 6 gr protein tinggi, 5 gr lemak dan sejumlah karbohidrat.

Perlu diketahui hampir semua nutrisi terkandung dalam kuning telur, putih telur hanya mengandung protein.

2. Telur memang meningkatkan kolestrol, tapi tidak meningkatkan risiko penyakit jantung

Satu telur ukuran besar mengandung 212 mg kolestrol, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingkan makanan lainnya. Namun, kolestrol hanya memiliki efek minimal pada tingkat kolestrol dalam darah.

Hati sebenarnya memproduksi kolestrol setiap hari, namun jumlahnya tergantung dari seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda mendapatkan banyak kolestrol dari makanan, hati akan menghasilkan sedikit kolestrol. Jika Anda tidak mengkonsumsi kolestrol, hati akan memproduksi lebih banyak kolestrol.

Studi menunjukan bahwa telur meningkatkan kolestrol, namun kolestrol baik, dan menurunkan kolestrol jahat yang mana hal ini seharusnya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Telur mengandung kolin, nutrisi penting untuk otak

Kolin termasuk dalam kelompok vitamin B-kompleks. Kolin adalah nutrisi penting bagi kesehatan. Asupan kolin yang rendah dapat menyebabkan penyakit hati, jantung dan neurologis.

Nutrisi kolin sangat penting untuk wanita hamil. Kekurangan asupan kolin dapat menyebabkan penurunan kognitif pada bayi. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Membantu menurunkan lemak tubuh

4.Telur mengandung protein tinggi dengan asam amino sempurna

Protein adalah dasar bagi tubuh untuk menunjang struktural dan fungsional tubuh. Ada sekitar 21 asam amino digunakan tubuh untuk membangun protein.

Kualitas protein ditentukan oleh jumlah relatif asam amino esensial, dengan jumlah yang tepat protein akan berkualitas tinggi.

5. Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, yang melindungi mata

Ada dua antioksidan yang kuat dalam melindungi mata, lutein dan zeaxanthin. Keduanya ditemukan dalam kuning telur. Antioksidan ini secara signifikan mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Dalam satu penelitian, mengkonsumsi 1-3 kuning telur per hari selama 4,5 minggu dapat meningkatkan kadar zeaxanthin darah sebesar 114-142% dan lutein sebesar 28-50%.

6. Telur membantu menurunkan lemak tubuh

Telur mengandung sedikit karbohidrat, tetapi banyak mengandung protein dan lemak. Telur mendapat predikat makanan yang mengenyangkan. Sehingga tak heran jika mengkonsumsi telur saat sarapan dapat menghilangkan lemak. Wanita yang mengkonsumsi telur akan kenyang lebih lama dan makan lebih sedikit kalori. 

 

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.