Sukses

10 Dokter Siap Layani Korban Gempa Lombok

Layanan kesehatan untuk korban gempa, salah satunya RSUD Lombok Utara dan Lombok Timur terpantau lancar.

Liputan6.com, Jakarta Penanganan korban gempa Lombok menjadi perhatian utama, korban luka akan mendapatkan tindakan pertolongan pertama dan dievakuasi ke puskesmas. Jika kondisi korban gempa membutuhkan penanganan medis lebih lanjut, dirujuk ke rumah sakit.

Untuk membantu pelayanan kesehatan korban gempa, Kementerian Kesehatan RI telah menyiagakan tim petugas kesehatan dan seluruh puskesmas untuk menangani korban gempa.

Salah satu petugas di lapangan dari Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Jaye, melaporkan seluruh puskesmas di Kabupaten Lombok Timur dan Utara sudah disiagakan, terutama di daerah tempat kejadian terparah yakni Kecamatan Bayan, Lombok Utara.

“Di Kecamatan Bayan telah siaga Puskesmas Bayan dan Puskesmas Senaru,” kata Jaye, sesuai rilis Sehat Negeriku yang diterima Health Liputan6.com, Senin (30/7/2018).

Untuk tindakan pembedahan akan dirujuk ke RSUD Lombok Timur dan RSUD Lombok Utara. Pelayanan di RSUD pun masih terpantau lancar.

"RSUD tidak terkena dampak gempa karena jauh dari pusat gempa," lanjut Jaye.

Gempa mengguncang Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pukul 05.57 WIB pada Minggu, 29 Juli 2018 dengan kekuatan 6,4 SR.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Obat dan tenaga kesehatan tercukupi

Jaye menambahkan, ada 10 dokter yang sudah disiagakan. Bahkan ada tawaran penambahan dokter dari provinsi.

Kondisi saat ini, obat dan tenaga kesehatan masih mencukupi. Kementerian Kesehatan juga mengirimkan tim pendampingan penilaian kesehatan cepat (RHA) dari Pusat Krisis Kesehatan.

Menurut pantauan petugas dari Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kementerian Kesehatan, Gadar, ada delapan orang meninggal dunia. Tercatat pula lima orang luka berat dan 41 orang luka ringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • gempa lombok