Sukses

Wanita Selalu Merasa Lapar Saat Haid, Kenapa ya?

Inilah alasan wanita selalu merasakan lapar setiap kali haid, menstruasi, atau datang bulan.

Liputan6.com, Jakarta Saat haid datang biasanya wanita akan cenderung merasa lebih lapar, perut kembung, pengin ini pengin itu (ngidam), dan lebih mudah tersinggung. Lalu apa sih yang menyebabkan wanita merasa lebih lapar selama menstruasi? Berikut penjelasannya.

Melansir dari laman Boldsky, Senin (23/7/2018), rasa lapar yang dialami wanita saat haid itu wajar. Penyebabnya ternyata fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang naik turun tepat sebelum masa haid.

Sebelum periode menstruasi datang, 15 persen tubuh akan membakar lebih banyak kalori dan menyebabkan tubuh akan merasa lebih lapar.

1. Bersikap baik pada diri sendiri

Saat Anda merasa lapar, murung, dan menginginkan makanan tertentu, turuti apa keinginan Anda. Itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia saat haid.

2. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Ini adalah hal terburuk jika Anda melakukannya. Membandingkan berat badan, rasa sakit atau kram yang dialami saat haid, jadilah diri sendiri dalam kebiasaan makan-makanan yang sederhana karena gejala yang di alami wanita pasti berbeda-beda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lakukan Ini Saat Haid

3. Lakukan latihan lembut dan makan-makanan yang benar

Jika anda mengalami kelelahan dan kram saat haid coba lakukan latihan ringan seperti yoga atau berjalan. Makan-makanan sehat juga akan membantu Anda merasa lebih baik.

Pilih makanan berserat tinggi dari buah-buahan dan sayuran. Coklat juga akan membantu Anda merasa lebih tenang.

4. Pilih camilan yang baik

Jangan berlebih dalam mengonsumsi makanan yang asin karena ini akan membuat perut Anda kembung. Mengonsumsi kacang kering seperti almond atau mete dengan menaburkan sedikit garam dapat menjadi alternatif. Anda juga bisa mengunyah permen karet atau minum segelas air hangat.

Jika Anda merasa tubuh sulit dikendalikan temukan cara lain untuk menjaga suasana hati Anda tetap bahagia. Selalu ingat fase ini memiliki efek pada napsu makan dan kondisi tubuh.

Penulis : Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini