Sukses

Kamu si Introver, Perlu Tahu Apa Gunanya Punya Banyak Teman

Orang-orang dengan introver sepertinya perlu membuka diri dengan menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki banyak teman rasanya tentu menyenangkan. Akan tetapi, buat orang-orang introver, bertemu dengan orang banyak adalah hal yang paling tidak diinginkan. Sehingga membuat mereka seringkali tidak memiliki banyak teman. Buat kamu si introver, ketahui deh manfaat memiliki teman yang banyak.

Dilansir dari laman Helpguid pada Senin, 23 Juli 2018, berikut sejumlah manfaat yang bisa kamu dapat dengan membangun hubungan pertemanan.

1. Meningkatkan suasana hati

Menghabiskan waktu dengan teman-teman terbukti dapat meningkatkan suasana hati. Nongkrong sambil minum kopi dan saling berbagi cerita dapat meningkatkan suasana hati kamu, sehingga kamu si introver akan merasa lebih rileks.

2. Membantu capai tujuan

Ketika kamu memiliki sebuah tujuan, akan lebih mudah tercapai dengan bantuan teman. Karena seorang teman dapat benar-benar meningkatkan tekad dan meningkatkan peluang keberhasilan kamu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Introver Harus Buka Diri

3. Mengurangi stres dan depresi

Berkumpul dengan teman-teman terbukti dapat mengurangi tingkat stres, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, juga membantu mengurangi perasaan kesepian, faktor utama terjadinya depresi.

4. Mendukung kamu melalui masa-masa sulit

Bahkan jika kamu hanya memiliki seseorang untuk berbagi masalah, teman dapat membantu melalui masa-masa sulit, seperti kehilangan pekerjaan atau kehilangan orang yang dicintai, putusnya hubungan, atau tantangan lain dalam hidup.

5. Sebagai pendukung saat usia kamu bertambah

Seiring bertambahnya usia, pensiun dari pekerjaan, memiliki penyakit, dan kematian orang yang dicintai seringkali menimbulkan perasaan kesepian. Memiliki seorang teman dapat menjadi penyemangat hidup kamu seiring bertambahnya usia.

Menjalin hubungan perteman dengan orang lain memiliki banyak manfaat. Tidak ada salahnya jika kamu seorang introver, memulai untuk lebih membuka diri dan mencoba untuk menjalin perteman dengan banyak orang.

Penulis : Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.