Sukses

Kenali 6 Ciri Tubuh Kelelahan seperti SBY

Liputan6.com, Jakarta Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masuk Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto karena kelelahan. Padatnya aktivitas membuat presiden RI keenam ini kurang istirahat.

"(SBY) kelelahan saja karena menghadiri reuni di Pacitan. Mudah-mudahan hari ini sudah (baikan). Memang tiga hari lalu saya menyaksikan lelah sekali beliau. Mungkin reuni SMA di Pacitan, dan pulang dari sana ke Yogyakarta, terus ada nonton bareng (final Piala Dunia), jadi saya melihat tiga hari lalu memang ada nuansa kelelahan," ucap Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin kepada Liputan6.com. (Baca: SBY Dirawat di RSPAD karena Kelelahan).

Tak cuma SBY, semua orang juga bisa mengalami kelelahan. Menurut riset CDC Amerika Serikat, wanita empat kali lebih mungkin alami kelelahan dibanding pria. Berikut beberapa gejala yang umum ditunjukkan tubuh ketika sudah kelelahan, mengutip Prevention, Kamis (19/7/2018).

1. Merasa amat lelah

Merasa lelah usai menjalani hari sibuk di kantor kemudian diikuti beberapa kegiatan di rumah itu normal. Namun, kelelahan, apalagi yang sudah kronis, lebih dari sekadar lelah.

"Ada kelelahan yang mendalam, sampai membuat tak bertenaga untuk melakukan aktivitas seperti bekerja atau sekolah bahkan untuk bersosialisasi sekalipun," kata dokter keluarga asal Philadelphia, Jennifer Caudle.

2. Sulit tidur atau tidur terus menerus

Sekitar 80 persen orang yang mengalami kelelahan kronis melaporkan masalah tidur. Bisa sulit tidur atau merasa ingin tidur terus.

"Ketika bangun dari tidur, tapi merasa seolah-olah belum tidur sama sekali," kata terapis fisik, Vivian Eisenstadt.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

1 dari 3 halaman

3. Sulit konsentrasi

"Banyak orang mengansumsikan kelelahan kronis dengan gejala hanya merasa lelah. Namun, ada gejala lain, seperti jadi pelupa, sulit fokus dan mudah teralihkan," kata Caudle.

4. Hal sederhana sudah merasa fisik dan emosional terkuras

Saat tubuh kelalahan, salah satu hal dirasakan adalah merasa berat hal yang dijalani. Misalnya baru jalan ke rumah tetangga di ujung sana atau mendengar mertua sedang bertengkar dirasakan begitu berat.

"Ketika tubuh atau pikiran berupaya melakukan sesuatu, orang tersebut sudah merasa lelah," kata Caudle.

2 dari 3 halaman

5. Sulit berdiri tegak

 

Ketika tubuh kelelahan kronis, untuk berdiri tegak saja sulit. "Orang-orang dengan kelelahan kronis kerap sulit berdiri tegak," kata Caudle.

Para pakar tak tahu betul apa penyebabnya, tapi salah satu teori menunjukkan adanya orthostatic intolerance,  ketika otak jadi mengalami penurunan aliran darah ketika berdiri tegak.

6. Badan sakit atau nyeri

Bisa sakit kepala, nyeri sendi bahkan sakit tenggorokan. Bisa juga ditandai dengan kulit kemerahan atau bengkak di beberapa bagian tubuh tertentu.

Artikel Selanjutnya
Lewat Akun Instagram, Ani Yudhoyono Sampaikan Terima Kasih kepada Jokowi
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Kejutan yang Tertunda di Balik Pembatalan Pertemuan SBY-Prabowo