Sukses

9 Tanda Tubuh Anda Kelelahan

Liputan6.com, New York- Tubuh kita mengalami banyak tekanan atas aneka hal di sekitar kita, mulai dari pekerjaan, hubungan, kurang tidur, hingga berlebihan berolahraga. Namun sayangnya masih banyak orang yang tidak menyadari tubuhnya sudah lelah, sehingga butuh istirahat dan relaksasi.

Berikut beberapa tanda bahwa tubuh Anda mengalami kelelahan seperti melansir laman Bustle, Jumat (30/6/2017).

1. Kesulitan mengontrol hidup
Jika Anda merasa sulit dalam mengatur kehidupan mulai dari pekerjaan kantor, rumah tangga, dan aktivitas sosial ini bisa jadi tubuh mengalami kelelahan.

2. Olahraga terasa lebih berat
Bila biasanya Anda bisa lari 5 kilometer, tapi ketika saat ini terasa lebih berat menghadapinya itu kemungkinan tanda tubuh lelah dan butuh istirahat ekstra.

3. Kurang konsentrasi
Ketika tubuh merasa tubuh lelah hal tersebut juga berdampak pada pikiran, sehingga amat sulit untuk berkonsentrasi.

4. Sering sakit
Kelelahan kronis pada tubuh bisa menyebabkan sistem imunitas tubuh lemah. Akibatnya, seseorang jadi lebih mudah sakit seperti diungkapkan ahli kesehatan holistik, Jen Bruno.

Jika sering mengalami batuk, pilek, hidung tersumbat ada baiknya untuk beristirahat. "Ambil rehat sejenak dari aktivitas harian, lalu manjakan diri dengan pijatan. Lakukan hobi yang membuat Anda senang. Coba juga yoga atau meditasi," saran Bruno. Hal tersebut akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih jarang sakit.

2 dari 2 halaman

Sering sakit kepala dan migrain

5. Sakit kepala dan migrain
Stres kronis bisa menyebabkan seseorang sering mengalami sakit kepala dan migrain. Rasa sakit di kepala bisa berdampak pada bagian tubuh lain, seperti nyeri sendi yang membuat tubuh terasa lemah.

Anda bisa mengonsumsi kue jahe atau minuman jahe, bahkan bisa juga menghirup aroma peppermint saat sakit kepala mendera untuk mengurangi sakit perut.

6. Pola tidur tak menentu
Saat tubuh terlalu lelah ada kalanya malah terasa sulit untuk cepat tidur. Alhasil pola tidur pun jadi berantakan dan bila berlangsung lama bisa membahayakan kesehatan.

Jika kesulitan untuk tidur, cobalah yoga atau meditasi sebelumnya.

7. Emosi naik turun
Orang yang terlalu lelah memiliki emosi yang naik turun serta amat sensitif terhadap aneka hal di sekitarnya. Menurut Bruno, ketika tubuh kelelahan, ini akan menghambat tubuh dan pikiran kita berfungsi dengan baik, sehingga mampu mengacaukan emosi.

8. Mengidam aneka makanan
Saat tubuh merasa kelelahan, kemampuan emosional jadi lebih kacau. Kondisi ini juga akan memengaruhi pola makan (emotional eating). Hal ini membuat orang tersebut jadi lebih sering mengidam makanan.

9. Bibir kering
Bila bibir kering dan pecah-pecah belum tentu karena dehidrasi semata. Kurang tidur dan stres kronis bisa menyebabkan bibir jadi kering. Lalu, menurut para ahli, bibir kering bisa terjadi karena kelelahan adrenal.