Sukses

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Usus yang Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Menjaga hidup tetap sehat dapat dimulai dari asupan yang masuk ke dalam tubuh. Tentu asupan tersebut adalah makanan yang sehat dan memiliki manfaat pada tubuh agar terjaga dan terhindar dari penyakit.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (20/7/2018), selain mengonsumsi makanan sehat, meningkatkan produksi bakteri sehat yang melapisi usus Anda juga penting untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, suplemen probiotik sangat penting untuk produksi bakteri sehat di lapisan usus.

Mungkin sebagian besar dari kita mengetahui bahwa probiotik alami hanya terkandung dalam yoghurt. Namun, ada sejumlah makanan lainnya yang mengandung probiotik alami, seperti berikut ini.

1. Kentang yang didinginkan

Mendinginkan kentang yang sudah matang dan telah dimasak selama beberapa menit kemudian langsung disantap ternyata dapat meningkatkan produksi bakteri usus Anda.

Hal itu terjadi karena kentang yang dimasak dan didinginkan mengandung pati resisten yang merupakan bentuk probiotik.

2. Pisang Mentah

Tidak sedikit orang yang menyukai pisang. Buah yang satu ini memang memiliki rasa yang banyak digemari. Selain itu, pisang adalah buah yang mudah diolah menjadi makanan ringan.

Satu hal lagi yang menarik, sebuah studi menunjukkan mengonsumsi pisang mentah, yang masih hijau di luar, mengandung probiotik alami sehingga dapat meningkatkan produksi bakteri sehat di usus.

 

3. Cokelat hitam

Selamat untuk Anda yang menggemari cokelat hitam. Cokelat dengan kandungan gula yang rendah ini bisa bertindak sebagai probiotik alami, yang terserap ke dalam lapisan lambung sehingga dapat meningkatkan produksi bakteri usus yang sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Lain Penyehat Usus

4. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti menjadi probiotik alami karena dapat meningkatkan produksi bakteri sehat dalam usus. Manfaat baik ini bisa didapa dalam keadaan mentah maupun ketika dimasak lalu dikonsumsi.

5. Keju Mentah

Tidak sedikit orang yang menyukai keju karena rasanya yang gurih dan nikmat. Keju biasa digunakan sebagai topping dalam makanan, juga sebagai bahan olahan makanan ringan. Bahkan, saat ini keju biasa dikonsumsi dan digunakan dalam minuman.

Ternyata keju mentah yang tidak diproses dan baru dibuat memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Lantaran keju kaya akan nutrisi seperti protein.

Selain itu, keju mentah juga merupakan probiotik yang sangat baik sehingga dapat meningkatkan produksi bakteri usus yang sehat.

Penulis : Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.