Sukses

Agar Tak Gila, Segera Atur Cuti untuk Travelling

Travelling akan membawa Anda pada pengalaman baru. Juga mencegah Anda dari penyakit mental.

Liputan6.com, Jakarta Travelling bagi sebagian orang adalah hal yang sangat menyenangkan. Selain mengeksplor sejumlah tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, travelling pun bisa mengajarkan kita banyak hal. 

Meski demikian, ada saja orang yang menganggap bahwa travelling hanya kegiatan buang-buang uang dan waktu saja. Hal tersebut biasa dilontarkan oleh mereka yang lebih memilih menghabiskan hari-harinya untuk berkutat dengan seabreg pekerjaan.

Tentu amat disayangkan adanya pendapat tersebut. Sebab, nyaris semua pekerja di dunia, pasti diberi waktu cuti. Kenapa tidak menggunakan jatah cuti buat travelling? 

Berdasarkan penelitian, memilih travelling untuk melepas penat dari segudang aktivitas yang tak jarang membosankan, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mental kita. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari laman PsychologyToday pada Selasa, 17 Juli 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Travelling Meningkatkan Kognitif

Saat travelling tentu Anda akan keluar dari zona nyaman. Melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Dengan begitu, memungkinkan Anda untuk belajar dan menemukan pengalaman yang baru.

Menurut artikel Brent Crane di The Atlantic, fleksibilitas kognitif membantu merangsang neuroplastisitas. Hal tersebut dapat membantu menghasilkan kreativitas hingga Anda pulang ke rumah. Selain itu dapat menimbulkan ide inovatif dalam pekerjaan.

2. Travelling Bantu Tingkatkan Pertumbuhan Interpersonal

Travelling tentu mempertemukan Anda dengan suasana baru, seperti orang baru dan budaya baru. Hal tersebut dapat merangsang cara berpikir Anda dan membuat Anda menjadi lebih terbuka, lebih memiliki rasa toleransi, dan juga empati.

 

3 dari 3 halaman

3. Stres Hilang

Sedikit lari dari kenyataan dapat membantu Anda menghilangkan pikiran stress. Travelling bertujuan untuk menyenangkan diri Anda sendiri. Karena itu, travelling dapat mengurangi hormon stres pada diri Anda.

Bila seusai travelling Anda kembali merasa stres, tehnik mindfulness dapat mengingatkan Anda pada memori dan momen yang indah atau damai. Sehingga dapat membuat Anda merasa tenang kembali.

4. Travelling Bantu Persiapkan Tujuan Hidup

Travelling dapat membantu Anda untuk keluar sementara dari rutinitas dan tanggung jawab Anda.

Dengan hal itu beban Anda akan terasa berkurang. Selain itu, Anda dapat menyusun tujuan hidup yang baru saat travelling.

Dengan ini, Anda akan lebih memberikan apresiasi terhadap diri Anda sendiri. Hal itu dapat menguntungkan suasana hati dan kecerdasan diri.

Penulis : Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini