Sukses

11 Tanda Kebohongan Lawan Bicara Dilihat dari Perilakunya (2)

Liputan6.com, Jakarta Kebohongan adalah sesuatu yang biasa, namun terkadang tidak diinginkan dalam sebuah pembicaraan. Manusia sesungguhnya mampu untuk mendeteksi hal itu bila mengetahuinya.

Untuk melihat kebohongan, Anda perlu melihat perilaku-perilaku orang tersebut baik di kehidupan sehari-hari maupun ketika ada perilaku tak biasa saat dia berbicara dengan Anda.

Melansir dari Business Insiders pada Senin (16/7/2018), Dr. Lilian Glass, analis perilaku, ahli bahasa tubuh yang juga penulis “The Body Language of Liars” mengatakan, ada 11 tanda yang terlihat saat berbicara ketika seseorang menyimpan kebohongan.

6. Menyentuh atau menutup mulut

"Tanda berbohong adalah ketika seseorang secara otomatis meletakkan tangan mereka di atas mulut saat tidak ingin berurusan dengan masalah atau menjawab pertanyaan," tulis Glass.

Menurutnya, orang dewasa meletakkan tangan di atas bibir, itu berarti mereka tidak mengungkapkan segalanya dan hanya tidak ingin mengatakan sebenarnya.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 3 halaman

Menutupi bagian tubuh

7. Cenderung secara naluriah menutupi bagian tubuh tertentu

Beberapa area yang mungkin mereka tutupi termasuk seperti tenggorokan, dada, kepala, atau perut.

"Saya sering melihat ini di ruang sidang ketika bekerja sebagai konsultan pengacara. Saya dapat mengetahui kapan kesaksiak seseorang telah menghantap para terdakwa, ketika melihat tangan mereka menutup bagian depan tenggorokannya," kata Glass.

8. Cenderung menggerakkan kaki

Gerakan kaki seperti menukar-nukar posisinya memberitahu Anda bahwa ada perasaan tidak nyaman dan gugup, serta keinginan untuk segera pergi.

9. Sulit bicara

"Jika Anda pernah menonton video interogasi seorang tersangka yang bersalah, Anda akan sering mengamat bahwa semakin sulit baginya untuk bicara," tulis Glass.

Menurutnya, ini terjadi karena sistem saraf otomatis mengurangi aliran saliva ketika stres yang mengeringkan selaput lendir mulut.

Tanda-tanda lain yang harus dilihat adalah menggigit bibir tiba-tiba atau mengerucutkannya.

 

3 dari 3 halaman

Tatapan mengintimidasi

10. Menatap tanpa banyak berkedip

Ketika seseorang berbohong, mungkin mereka memutuskan kontak mata. Namun, pembohong handal bisa saja mencoba mempertahankannya untuk memanipulasi.

"Ketika orang mengatakan yang sebenarnya, terkadang mereka akan mengalihkan padnagan mereka dan mungkin berpaling dari waktu je waktu," kata Glass.

"Pembohong, di sisi lain, akan menggunakan tatapan dingin yang stabil untuk mengintimidasi dan mengendalikan."

Selain itu, perhatikan juga kedipan yang cepat.

11. Menunjukkan banyak hal

Glass mengatakan, ketika seorang pembohong merasa terancam, dia mungkin melakukan gerakan agresif seperti menunjuk.

Loading