Sukses

Iko Uwais: Belajar Bela Diri seperti Belajar Agama

Menurut Iko Uwais, mempelajari bela diri sama seperti saat kita belajar agama yang tidak boleh sembarangan mencari tahu dari internet

Liputan6.com, Jakarta Belajar bela diri sebaiknya tidak boleh hanya mencontoh dari internet saja. Hal ini karena banyak gerakan-gerakan bela diri yang tidak bisa sembarangan dipelajari.

Melihat hal ini, aktor yang juga mendalami pencak silat, Iko Uwais mengibaratkan belajar bela diri seperti mempelajari sebuah agama.

"Contoh, kita belajar agama, kita otodidak tapi lewat media sosial ataupun internet. Itu akan kufur. Jadi namanya belajar harus ada yang mendampingi," kata Iko ketika ditemui Health Liputan6.com seusai meluncurkan sekolah bela diri yang ia dirikan Thunder 11 di Bekasi. Ditulis Jumat (13/7/2018).

"Apapun bentuknya dari manapun itu semuanya bagus. Cuma harus ada pendamping," kata aktor pemeran Rama di film The Raid tersebut.

"Jadi mana yang baik harus dikasih tahu," tambah Iko.

Senada dengan yang dikatakan sang suami, penyanyi Audy Item juga mengatakan ketika seseorang mempelajari bela diri hanya lewat internet, dia tidak akan tahu gerakan-gerakan yang benar.

"Kalau kita ngikutin tidak tahu gesturnya benar apa enggak. Posisinya benar apa enggak. Jadi memang harus ada yang mendampingi. Harus ada gurunya," timpal Audy ketika ditemui bersama Iko.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berbeda Maksudnya

Audy, yang akui dirinya pernah belajar sedikit gerakan dasar bela diri dari Iko, mengatakan, ketika mempelajari bela diri boleh-boleh saja melihat dari internet. Hanya saja hal tersebut cukup dijadikan sebagai referensi saja.

"Saya banyak latihan bareng, ternyata ada beberapa yang bikin latihan sendiri. Saya sih tidak masalah, kasih saja. Mereka menerapkannya pada teman-temannya dengan penerapan saya. Tidak apa-apa," kata Iko menambahkan.

"Tapi kan beda mindsetnya, beda maksudnya. Jadi kita latihan untuk di tim seperti ini, mereka hanya copy-paste saja, tapi penerapan di sananya belum tentu sesuai dengan yang kita latih dengan yang biasanya. Apalagi latihan dari internet," jelas aktor Headshot ini.

Selain itu, Iko menambahkan belajar bela diri di internet adalah hal yang beresiko.

"Karena belum tentu apa yang dia lihat di internet itu benar," kata Iko lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.