Sukses

Cek Daftar Bawaan Ini Sebelum Berkendara Jauh Bersama Si Kecil

Banyak hal yang harus dipersiapkan orang tua sebelum berkendara jauh bersama si kecil. Apalagi kalau kalau si kecil aktif dan masih balita.

Liputan6.com, Jakarta Berkendara bersama seluruh anggota keluarga di akhir pekan dan musim liburan merupakan hal yang menyenangkan. Selain bisa mempererat hubungan keluarga, juga menjadi sarana refreshing dan edukasi bagi anak-anak.

Agar berkendara tetap aman dan nyaman, tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan orang tua apalagi kalau si kecil aktif dan masih balita. Berikut ini tips dan rekomendasi perlengkapan ketika berkendara jauh bersama si kecil.

1. Tentukan waktu bepergian dengan bijak. Mengingat Anda membawa anak kecil, jadi sesuaikan dengan jam tidur dan makan anak. Kalau perjalanan jauh sekali sebaiknya hindari berangkat pada malam hari.

2. Sediakan kereta dorong (stroller) yang tepat dengan spesifikasi yang ringan dan sesuai dengan ukuran bagasi. Penataan di bagasi juga penting supaya tidak ada barang-barang lain yang tertinggal.

3. Gunakan produk pengaman anak seperti Baby Car Seat. Penggunaan car seat sangat penting karena sabuk pengaman mobil tidak didesain untuk anak-anak, sehingga harus menggunakan pengaman lainnya yang tepat untuk menjaga anak tetap aman. Pilih car seat yang tepat berdasarkan berat badan anak.

4. Persiapkan beberapa kebutuhan mandi anak dengan membawa produk Toiletries Travel Pack agar memudahkan sang Ibu saat mengganti popok/ mengganti baju anak di perjalanan.

5. Persediaan makanan dan minuman buat si kecil juga tidak boleh ketinggalan. Biskuit dan susu jadi menu wajib yang harus tersedia di mobil Anda.

6. Siapkan mainan bagi anak saat bepergian, hal ini berguna untuk mengalihkan fokus anak agar tidak bosan dengan perjalanan berjam-jam. Pilihlah mainan yang bersifat edukatif.

7. Persiapkan dan bawalah alas tidur yang nyaman untuk anak, pilihlah produk yang ringan dan fleksibel untuk dipindahkan dari kendaraan maupun tempat tujuan.

Jika anak Anda seumuran anak sekolah taman kanak-kanak atau sekolah dasar, untuk kenyamanan tidurnya, Anda bisa menyediakan kasur mobil yang nyaman. Sudah banyak tersedia di marketplace dan bisa dibeli secara online.

Untuk kenyamanan si kecil dan Anda sendiri jangan lupa bantal mobil yang nyaman. Tersedia beragam bantal mobil lucu yang bisa Anda temukan di Tokopedia.

 

8. Selalu berhati-hati selama berkendara dan tidak menunda waktu istirahat. Jika berkendara melalui darat, Anda bisa berhenti dengan jelang waktu setiap 2-3 jam, sehingga anak tidak tidak terlalu capek dan terpaksa melanjutkan perjalanan.

Itu dia beberapa tips agar perjalanan Anda dengan mobil tetap aman dan nyaman bagi si kecil.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.