Sukses

Ngantuk Usai Nonton Piala Dunia? 4 Hal Ini Bikin Semangat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda salah satu orang yang begadang untuk menonton laga semifinal Piala Dunia 2018 Prancis versus Belgia. Bila kurang tidur, keluhan seperti ngantuk, badan lemas, atau tak semangat bekerja munculpagi ini.

Jika Anda merasa ngantuk usai begadang semalam, berikut saran dokter Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter.com agar tetap bisa produktif bekerja.

1. Berpikir

Saat membaca tips ini, mungkin Anda heran bagaimana berpikir dapat mencegah ngantuk usai begadang. Ketahuilah bahwa jika Anda memang harus menggunakan otak untuk berpikir dan bekerja, maka otak akan berusaha memberikan kompensasi akan kekurangan tidur yang terjadi. Hal ini pun telah terbukti melalui penelitian.

Dalam sebuah penelitian menggunakan pencitraan otak pada 16 orang dewasa muda yang begadang selama 35 jam, peneliti mendapatkan hasil bahwa manusia dapat menggunakan sumber daya kognitif yang normalnya tidak tergunakan saat berada dalam keadaan ‘terdesak’ akibat begadang. Hal ini akan mendukung aktivitas Anda, meskipun tentunya tidak dalam kategori normal seperti hari biasanya.

2. Olahraga

Berolahraga setelah begadang? Bukankah itu justru semakin menguras tenaga? Nyatanya tidak demikian.

Berolahraga sebelum memulai aktivitas setelah begadang nonton piala dunia, misalnya berjalan atau jogging selama 20 menit, dapat memacu produksi energi dan memberikan Anda dorongan semangat di pagi hari. Meski pasokan energi tak akan berlangsung sepanjang hari, setidaknya cukup membuat Anda merasa segar dan tidak malas saat mulai bekerja.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

3. Tidur siang

Cara terbaik mengatasi rasa ngantuk adalah tidur. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk menebus kekurangan tidur malam adalah dengan tidur di siang hari.

Ingat, ini adalah tidur siang dan bukan tidur utama, sehingga batasi waktunya tak lebih dari 25 menit. Tidur siang yang terlampau lama, misalnya lebih dari 40 menit, akan membuat Anda merasa gusar saat bangun dan justru merasa lebih lemas lagi.

4. Makan sehat dan minum banyak

Sehabis nonton Piala Dunia, hindari konsumsi makanan yang justru dapat membuat Anda semakin mengantuk. Makanan ini meliputi nasi atau makanan manis tinggi gula—seperti kue atau cokelat. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsi buah-buahan segar atau yoghurt.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kecukupan cairan tubuh dengan minum lebih banyak air putih sepanjang hari. Kurang tidur ditambah dehidrasi bukanlah hal yang baik. Selain menyebabkan lemas, hal tersebut juga menyebabkan gejala-gejala lain yang lebih buruk seperti sakit kepala hebat.

 

 

Penulis: dr. Astrid Wulan Kusumoastuti

Sumber: Klikdokter.com

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Mantan Pemain Liga Indonesia yang Pernah Main di Piala Dunia
Artikel Selanjutnya
Bertemu Presiden FIFA, Jokowi: 10 Stadion Kami Siapkan untuk Piala Dunia U-20