Sukses

Perhatikan Ini Sebelum Ajak si Kecil Renang

Liputan6.com, Jakarta Menghabiskan waktu liburan seperti sekarang atau saat akhir pekan, mengajak anak-anak berenang merupakan hal yang menyenangkan. Saat berenang, sebenarnya orangtua harus melakukan pendampingan secara intensif.

Terutama pada anak-anak yang masih berusia balita dan tak bisa berenang. Risiko tenggelam bahkan tetap bisa terjadi pada anak yang sudah bisa berenang. Untuk itu penting untuk selalu memperhatikan aspek keselamatan berikut saat berenang bersama si kecil.

- Aturan wajib sebelum ke kolam

Sebelum masuk ke kolam biasakan untuk membuat ritual wajib. Antara lain mengganti pakaian dengan baju renang, mengenakan tabir surya, dan perut sebaiknya dalam keadaan terisi. Tekankan juga pada anak mereka tak bisa masuk kolam sesukanya demi keselamatan dan keamanan. Harus ada yang mendampingi dan mengawasi saat mereka berenang.

 

2 dari 2 halaman

Perhatikan Ini

- Kolam anak

Pastikan anak berada di area kolam anak dan tak pindah ke kolam dewasa. Meski berada di kolam anak, pengawasan juga harus dilakukan. Adanya petugas pengawas merupakan pertanda kalau kolam tersebut memiliki prosedur keselamatan yang baik.

- Latih anak untuk tak berlarian

Tekankan pada anak kalau area kolam renang memang untuk bermain, tapi tidak dengan berlarian. Kondisi lantai yang licin bisa dengan mudah membuat mereka terpeleset dan terjatuh bahkan terluka. Jelaskan secara detail agar anak mengerti.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id 

Loading