Sukses

BPOM: Susu Kental Manis Termasuk Kategori Susu, tapi...

Liputan6.com, Jakarta Terkait dengan isu Susu Kental Manis (SKM), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menegaskan, produk tersebut mengandung susu dan termasuk kategori susu. Hal tersebut juga sudah tertera pada Peraturan Kepala (Perka) BPOM 21/2016, yang menyebut SKM merupakan subkategori Susu Kental, yang termasuk kategori susu.

Kepala BPOM Penny Lukito mengatakan, sesuai standar keamanan pangan internasional (Codex), susu kental manis adalah produk mengandung susu.

"Di dalam Codex, sudah jelas. Susu kental manis adalah produk mengandung susu sebagai pelengkap sajian," kata Penny dalam konferensi pers "Susu Kental Manis" di BPOM, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Meski mengandung susu, lanjut Penny, susu kental manis bukan produk susu untuk pengganti kebutuhan gizi maupun pengganti Air Susu Ibu (ASI). Susu ini juga bukan diperuntukkan untuk bayi dan balita.

"Susu kental manis bukan susu untuk pemenuhan balita. Tidak boleh diberikan juga pada bayi dibawah 12 bulan," Penny melanjutkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

2 dari 2 halaman

Permasalahan iklan

Polemik susu kental manis yang beredar di masyarakat sebenarnya terletak pada permasalahan iklan dan label. Produk susu kental manis sendiri tidak berbahaya.

"Produk susu kental manis tidak berbahaya, tapi pemeriksaan post market (setelah dipasarkan), BPOM temukan ada permasalahan pada beberapa iklan dan label," Penny menambahkan.

 

Ada persepsi yang salah pada iklan. Iklan terlihat memaparkan, kalau susu kental manis adalah susu yang baik untuk pertumbuhan.

Visualisasi tersebut salah kaprah. Padahal, susu kental manis bukan sebagai pengganti pemenuhan gizi.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia, Adhi Lukman menanggapi soal iklan susu kental manis.

"Kami sepakat meregulasi iklan dan label, yang sekarang sedang disempurnakan," ujar Adhi.

Artikel Selanjutnya
Guyonan Warganet Soal Susu Kental Manis yang Bakal Mengocok Perut Kamu
Artikel Selanjutnya
Penjualan Produk Susu Kental Manis Tak Terganggu Surat Edaran BPOM