Sukses

Musikus Jepang Hiroaki Kato Kangen Hidup Santai di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Lama hidup di Indonesia, musikus asal negeri Sakura, Hiroaki Kato, mengakui dirinya kangen kota Yogyakarta. Daerah itulah yang pertama kali dia kunjungi ketika datang ke Indonesia.

"Jogja itu kota santai. Enak sekali. Rasanya beda sekali karena saya lahir dan besar di Tokyo, di kota metropolitan. Jadi sebenarnya kangen juga perasaan hidup di Jogja," ujar Hiroaki Kato.

Pria yang tinggal di Indonesia sejak 2006 ini mengatakan, Yogyakarta adalah tempat di mana orang-orangnya santai dan murah senyum, serta bahagia.

"Perbedaannya ada suasana damai kalau di Jogja sih," kata pria yang akrab disapa Hiro ini ketika ditemui Health Liputan6.com saat peluncuran Oronamin C di Jakarta. Ditulis Minggu (8/7/2018).

Soal makanan, Hiro mengatakan ketika pertama kali beradaptasi dengan makanan Indonesia, dia mengatakan kuliner negara ini terasa pedas. Selain itu, menurut Hiroaki Kato, Yogyakarta juga daerah yang terkenal akan kuliner manisnya.

"Awalnya merasa pedas sekali sih, tapi lama-lama terbiasa dan masakannya enak semua sih. Sekarang aku selalu makan masakan Indonesia kalau di sini," tutur Hiro dengan bahasa Indonesia yang sangat fasih.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Bumbu Masakan yang Mewah

Menurut musikus kelahiran Tokyo 35 tahun yang lalu itu, ada perbedaan makanan ketika dirinya di Jepang dan di Indonesia.

Hiro mengatakan, kebanyakan masakan Indonesia adalah kuliner yang kaya akan bumbu.

"Jepang itu bumbunya lebih sederhana. Banyak yang pakai garam dan shoyu (kecap Jepang). Kalau di Indonesia kan bumbunya mewahnya luar biasa. Sangat bervariasi dan mewah. Saya suka sih," ujar Hiro.

Bagi yang belum familiar dengan Hiroaki Kato, dia adalah musikus asal Jepang yang kerap menyanyikan lagu-lagu Indonesia. Salah satu lagu yang dia buat versi bahasa Indonesia-Jepangnya adalah "Ruang Rindu" dari band asal Yogyakarta, Letto.

Pada 2010, dia sempat mengelurkan sebuah mini album berjudul Terima Kasih.