Sukses

Penyakit Mulut Ini Intai Anak Muda Zaman Sekarang, Waspadalah

Liputan6.com, Jakarta Dulu, penyakit [radang gusi](3536120/ "") biasanya menimpa orang-orang pada usia pertengahan, tapi semakin lama usia penderitanya jadi lebih muda.

"Ini berhubungan dengan gaya hidup, misalnya dari rokok, dari makanan dan minuman," kata dokter gigi spesialis periodonsia Dedy Yudha Rismanto di media gathering Rumah Sakit Pondok Indah Group, Jakarta, Kamis (28/6).

Yudha mengatakan saat ini radang gusi alias periodontitis dapat terjadi pada orang berusia kepala tiga. Padahal dulu radang gusi lazim dialami mereka yang sudah berusia 40-an.

Makanan-makanan olahan yang semakin menjamur saat ini, terutama makanan manis, adalah faktor yang menyebabkan bakteri menimbulkan radang.

Rutinitas di mana aktivitas serba cepat dan terburu-buru, lanjut dia, juga dapat menyebabkan orang-orang kurang telaten dalam merawat gigi sehingga kesehatan mulut tidak terjaga.

Ia mengingatkan untuk selektif memilih makanan yang baik untuk kesehatan, seperti makanan berbahan alami. Selain itu, bila memang menyantap makanan manis, jangan lupa untuk menaikkan keasaman dalam mulut dengan cara berkumur, setidaknya dengan air putih.

"Bisa juga pakai obat kumur, tapi perhatikan petunjuk pemakaian," kata Yudha, menambahkan obat kumur sebenarnya tidak harus dibuat untuk berkumur, tetapi sekadar "menggenangi" area di dalam mulut, baru kemudian dibuang. (AntaraNews/Nanien Yuniar)

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video