Sukses

Terbentur Aturan Ganjil Genap, Ayo Beralih Naik Sepeda

Liputan6.com, Jakarta Saat ini pemberlakuan aturan ganjil genap diperpanjang. Tak hanya berlaku aktif saat Senin – Jumat (hari kerja), tetapi hari Sabtu dan Minggu pun berlaku. Jam aturan genap pun dimulai dari pukul 06.00 – 21.00 Wib.

Bagi kamu yang harus bekerja dengan kendaraan pribadi memang merasa terganggung. Namun, jangan jadikan kamu malas bekerja atau mengeluh. Kamu bisa manfaatkan transportasi umum, seperti kereta api atau busway.

Kalau pun tidak mau menggunakan transportasi tersebut, kamu bisa gunakan sepeda kok. Selain bisa menyehatkan tubuh, bersepeda bisa mengurangi polusi dan tentunya tidak terikat dengan aturan ganjil genap.

Lamban laun, nantinya tanpa kamu sadari, bersepeda mampu mengubah tubuhmu lebih sehat. Sebelum itu, perlu kamu ketahui, apa saja manfaat bersepeda bagi kesehatan tubuh? Berikut beberapa tips, seperti dilansir liputan6.com, Senin (1/1):

Menambah kekuatan otot

 

Saat kamu menggunakan sepeda ke kantor, hampir semua anggota tubuh bergerak aktif. Mulai dari kaki, tangan, bahkan sampai mata. Hal tersebut mampu membuat otot pada semua organ tubuh mengalami peningkatan signifikan. Hal itu membuat otot kamu bisa lebih fleksibel.

Tak hanya itu, dengan latihan otot tersebut akan menjaga keseimbangan tubuh. Nah, hal ini sangat cocok bagi kamu yang ingin menjaga ketahanan tubuh.

Kardiovaskular jadi lebih baik

Perlu diketahui, bersepeda merupakan olahraga kardio. Jadi, secara langsung akan berefek pada kinerja jantung dan paru-paru. Hal itu mampu menurunkan tekanan darah dan menguatkan otot jantung.

Selain itu, dengan bersepeda mampu menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Dengan begitu, akan meminimalisir risiko penyempitan pembuluh darah pada tubuh. Alhasil, bersepeda bisa menghindarkan kamu dari penyakit stroke, serangan jantung, dan tekanan darah tinggi.

Menjaga Berat Badan

Bagi kamu yang ingin kurus, atau ingin menurunkan berat badan, bersepeda ke kantor bisa menjadi solusinya. Tak hanya bisa mencegah beragam penyakit, dengan bersepda akan membakar kalori dan meningkatkan metabolisme pada tubuh.

Dengan begitu, berat badan kamu akan ideal. Tak perlu olahraga setiap weekend kan. Kamu bisa olahraga setiap hari sembari ke kantor.

Menurunkan Tingkat Stress

Saat bekerja, kamu akan mengalami stres akibat tekanan pekerjaan. Nah, hal itu bisa dicegah dengan bersepeda. Kenapa?

Karena saat kamu bersepeda ke kantor maupun pulang kantor maka homon endorphin akan keluar. Dengan keluarnya hormon tersebut, kamu akan merasa nyaman dan suasana hati lebih bahagia.

Selain itu, bersepeda mampu menurunkan level stres pun akan terjadi dan Anda pun memiliki mood yang selalu bahagia.

Dengan segudang manfaat, apa lagi yang harus ditunggu. Ayo ubah kebiasaan dengan menggunakan transportasi ramah lingkungan.

Bagi kamu yang belum punya sepeda tak ada salahnya membelinya dari sekarang. Kini, banyak sepeda yang dijual di situs jual beli onlilne. Salah satunya di Tokopedia.

Beragam sepeda dijual pada situs tersebut, seperti sepeda vespa, mountain bike, road bike, bahkan sampai sepeda listrik. Kamu tinggal pilih pada smartphone dan klik beli. Mudah bukan?

Selain jual sepeda, terdapat pula aksesori sepeda lainnya, helm sepeda misalnya. Kamu bisa pilih beragam merek helm, seperti helm polygon dijual pada situs tersebut.

Kalau sudah tahu, tunggu apalagi. Ayo bersepeda ke kantor mulai sekarang!

 

 

(ADV)

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Pertimbangan Tokopedia soal Pendanaan
Artikel Selanjutnya
Melalui Start Summit, Tokopedia Siap Cetak Generasi Muda untuk Menghadapi Perkembangan Teknologi