Sukses

Tiru Ucapan Baik Nabi Muhammad SAW untuk Memotivasi Anak Anda

Memotivasi anak bisa dengan cara meniru ucapan baik yang dilontarkan Nabi Muhammad SAW

Liputan6.com, Jakarta Motivasi dari orangtua bisa meringankan beban si Kecil dalam menentukan apa yang dia inginkan. Sebagai ayah dan ibu, Anda harus bisa memberikan semangat bukan malah membatasi ruang gerak si Kecil. Nah, jika Anda bingung, bisa Anda sontek semua ucapan yang pernah dilontarkan Nabi Muhammad SAW dan para sahabat-Nya.

Salah satunya adalah pujian Rasulullah kepada Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ibnu Sa’ad telah menukil kisahnya di dalam Kitab Thabaqat–nya dengan sanad yang shahih dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu. Ibnu Mas’ud mengatakan:

Ibnu Masud

Artinya: "Ketika aku (Ibnu Mas’ud) di usia anak-anak yang hampir baligh, aku sedang menggembalakan kambing milik ‘Uqbah bin Abu Muhith. Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Abu Bakr lewat ketika sedang dalam pelarian dari kejaran orang-orang musyrik. Keduanya berkata, “ Wahai Ananda, apakah engkau punya susu yang dapat kami minum?”

Lalu aku menjawab, “ Sesungguhnya aku hanya orang yang diberikan amanah (untuk menggembala –pen) sehingga aku tidak dapat memberikan susu yang dapat kalian jadikan sebagai minuman.”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “ Apakah di antara kambing gembalaanmu ada anak kambing betina yang belum dikawini pejantannya?”

Aku menjawab, “ Iya, ada.” Aku pun membawakannya kepada mereka berdua. Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menahan dan mengusap embing susunya. Lalu mengalir deraslah susu dari embing susu anak kambing betina tersebut. Kemudian Abu Bakar membawa wadah cembung dari batu. Embing susu itu pun diperah. Aku dan Abu Bakar pun meminum susunya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencontoh Rasullah

Lalu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan kepada embing susu itu, “ Menyusutlah.” Maka seketika itu embing susu pun menyusut. Setelah itu, aku (Ibnu Mas’ud) pun datang menghadap beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam dan berkata, “ Ajarkanlah kepadaku perkataan yang Engkau bawa (Al Qur’an -pen).”

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “ Sesungguhnya Engkau adalah anak yang terpelajar.” Maka aku (Ibnu Mas’ud) pun mempelajari 70 surat langsung dari beliau dan tidak seorang pun yang mengalahkanku.”

Pujian manis dan mengena dari Nabi Muhammad SAW kepada Ibnu Ma'sud, ternyata sangat memotivasinya untuk mempelajari Alquran. Bisa jadi teladan para orangtua dalam memberi pujian dan motivasi untuk buah hatinya.

 

Penulis : Mutia / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.