Sukses

9 Tips Jaga Tubuh Tetap Sehat Saat Rayakan Idul Fitri

Liputan6.com, Jakarta Setelah sebulan penuh melaksanakan ibadah puasa Ramadan, tiba saatnya Muslim di Indonesia merayakan Idul Fitri. Biasanya, berbagai penganan khas seperti opor ayam, sambal goreng kentang, rendang, kue-kue, serta minuman manis terhidang di rumah untuk menyambut Lebaran. Idul Fitri atau Lebaran adalah saat yang tepat untuk menyantap makanan tersebut bersama orang-orang tersayang.

Agar pola makan sehat yang telah terjaga selama Ramadan tak kebobolan saat Lebaran, ada beberapa cara yang bisa diterapkan. Berikut cara merayakan Idul Fitri dengan cara sehat, melansir laman Ndtv, Jumat (15/6/2018).

1. Hindari Konsumsi Gula Berlebihan

Makanan bergula jelas akan banyak ditemukan saat Lebaran. Jadi, pastikan kamu tak berlebihan mengonsumsinya. Usai berpuasa sebulan penuh, makan terlalu banyak makanan manis bisa membuat mual dan sakit karena gula darah melonjak.

2. Makan Sayur

Mengonsumsi sayuran setelah sebulan penuh berpuasa akan memberi tubuh asupan vitamin dan mineral penting yang mungkin terlewat ketika puasa.

3. Makan Perlahan

Memulai hari Idul Fitri dengan sedikit sarapan akan sangat baik bagi kesehatan. Makanlah perlahan meski rasanya begitu menerbitkan selera. 

1 dari 3 halaman

Konsumsi Probiotik

4. Makan seimbang

Pastikan ada protein, serta, karbohidrat, dan lemak pada piring makanmu. Ini akan mempertahankan pola makan seimbang.

5. Ambil dalam Porsi Kecil

Masalah pencernaan seperti perut kembung bisa dihindari jika kamu mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit. Puasa sebulan penuh akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan yang berbeda.

Makan dalam porsi kecil akan mencegah kekenyangan dan kondisi tak nyaman.

6. Konsumsi probiotik

Jangan lupa untuk tetap mengonsumsi probiotik saat Lebaran. Ini akan membuat bakteri baik dalam pencernaan tetap terjaga. Probiotik bisa ditemukan pada keju, yogurt, serta bawang. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

2 dari 3 halaman

Hidrasi Tubuh

7. Makan Sedikit dan Sering

Mungkin akan terasa sulit untuk tidak mencicipi semua sajian Lebaran nan lezat. Tapi, lebih baik makanlah sedikit-sedikit dan sering untuk menghindari masalah pencernaan atau masalah kesehatan lainnya. Perhatikan kebutuhan tubuh dan pastikan untuk tak makan berlebihan.

8. Hidrasi Tubuh

Saat berpuasa, tubuh cenderung tak terhidrasi dengan baik. Jadi pastikan untuk cukup minum saat Lebaran. Ini akan mengembalikan kelembapan tubuh.

9. Kembali ke Pola Makan Normal

Tubuh memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan pola makan normal. Akan lebih baik jika memulai kembali pola makan normal sehari setelah Lebaran. Ini akan membantu kecukupan nutrisi di minggu-minggu setelahnya. Tentunya hal itu pun akan disesuaikan dengan usia dan kondisi kesehatan masing-masing individu.

Artikel Selanjutnya
Nikmati Libur dengan 5 Film Indonesia yang Rilis Saat Lebaran 2018
Artikel Selanjutnya
3 Tipe Pengguna Smartphone yang Ganggu Kualitas Lebaran