Sukses

Agar Tak Sakit Usai Lebaran, Lakukan 8 Tips Ini

Coba lakukan ini agar sesaat dan setelah lebaran tidak sampai jatuh sakit.

 

Liputan6.com, Jakarta Beberapa jam lagi umat Muslim di seluruh belahan bumi akan merayakan Idul Fitri. Setelah satu bulan lamanya berpuasa dengan menjaga pola makan yang benar, sampai-sampai ada yang berhasil menurunkan berat badan, tentu saja tidak ingin hal sebaliknya terjadi setelah Lebaran, bukan?

Hal pertama yang mesti diperhatikan agar selalu sehat sesaat dan sesudah Lebaran adalah dengan tidak mengonsumsi makanan maupun minuman yang tinggi gula dan lebaran. Serta mengurani makanan digorengagarsaluran pernapasan kita tidak iritasi di Idul Fitri. 

Selain itu terdapat sejumlah tips sehat lainnya yang dapat Anda terapkan selama Lebaran dan sesudahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Sehat Saat Lebaran

Berikut 8 tips sehat untuk mengantisipasi penyakit setelah Lebaran, seperti yang pernah diungkapkan Praktisi Kesehatan sekaligus Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari FKUI RSCM, Ari Fahrial Syam, ditulis Health Liputan6.com pada Kamis, 14 Juni 2018.

1. Perhatikan kualitas makanan dan minuman yang kita santap.

2. Perhatikan jumlah kalorinya. Menurut Ari, sekecil apa pun camilan manis yang kita makan, pasti mengandung kalori.

3. Usahakan hanya mengonsumsi satu macam lauk saja jika merasa telah mengonsumsi kue Lebaran cukup banyak. Kurangi juga nasi saat makan besar.

4. Hindari camilan yang mengandung cokelat, keju, dan berlemak. Ari menjelaskan bahwa kalori yang ada di lemak jumlahnya dua kali lebih besar dari karbohidrat.

5. Banyak minum lebih dari dua liter per hari.

6. Banyak mengonsumsi buah dan sayur-sayuran. Usahakan lima porsi saat makan pagi, siang, malam, dan di sela-sela waktu makan tersebut.

7. Tetap melakukan aktivitas fisik dan bergerak. Jika jarak untuk silaturahmi dapat dilakukan dengan berjalan, usahakan jalan kaki.

8. Usahakan tidur malam minimal enam jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini