Sukses

Ini Anjuran Konsumsi Susu Kental Manis yang Benar Menurut Dokter

Dianggap mengandung gula yang cukup tinggi, begini anjuran yang tepat untuk konsumsi susu kental manis

Liputan6.com, Jakarta Sekalipun bukan pengganti susu, namun produk susu kental manis masih boleh dikonsumsi dengan aturan-aturan tertentu. Salah satunya dengan memperhatikan konsumsi gula Anda dalam satu hari.

Susu kental manis mengandung kalori yang dapat mendukung salah satu asupan energi harian dan dipergunakan sesuai dengan kebutuhan, baca.

"Dia (susu kental manis) dipakai dalam jumlah yang terbatas. Dia tidak boleh dipakai seenaknya. Yang paling banyak bisa dipakai untuk kebutuhan memasak, kuliner, bisa ditambahkan di makanan dan minuman," jelas dr. Tirta Prawita MSc, Sp. GK dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia ketikah dihubungi Health Liputan6.com pada Selasa (12/6/2018).

Tirta mengatakan, penggunaan susu kental manis dalam sehari tidak boleh melebihi satu sampai empat sendok makan.

"Itu sudah maksimal banget penggunaannya. Karena kandungan gula yang sangat banyak," kata Tirta.

 

Baca juga:

Perhatikan Kalori Kental Manis, Baca Dulu Sebelum Sharing

Manfaat Susu Kental Manis Frisian Flag Gold, Apa Saja?

Olahan Susu Kental Manis Frisian Flag Gold untuk Awali Aktivitas Harianmu

 

Adapun penggunaan ini bukan hanya konsumsi susu kental manis saja namun juga konsumsi gula secara keseluruhan.

"Bukan hanya dari susu kental manis. Jadi kalau kita minum teh manis, kita hitung juga, kalau kita memasak kemudian ada gula pasir, itu juga kita hitung," jelas dokter Tirta.

Dokter Tirta menganjurkan, konsumsi gula yang boleh dikonsumsi setiap harinya sebanyak 10 persen dari kebutuhan tubuh seseorang.

"Jadi kalau rata-rata adalah 2 ribu kalori. Kebutuhannya kan berarti 200 kalori. Kalau 200 kalori berarti kurang lebih 40 sampai 50 gram," jelas Tirta.

Perhitungan di atas sendiri diasumsikan bahwa setiap satu sendok makan mengandung 10 gram gula.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak bisa disejajarkan dengan susu

Tirta menambahkan, meskipun mengandung susu, namun susu kental manis sendiri tidak bisa disandingkan dengan susu dan tidak bisa memenuhi manfaat dari susu itu sendiri.

"Namanya susu kental manis pasti bahannya dari susu. Tapi bisa dijelaskan tidak seberapa banyak protein susu yang ada di situ, kemudian seberapa banyak gula yang ditambahkan," kata Tirta.

"Kalau cuma mau konsentrasi cuma pada bahan dasar ya dia memang susu. Tapi ketika sudah jadi susu kental manis, dia tidak bisa berdiri sejajar bersama dengan susu murni lainnya," kata Tirta memaparkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.