Sukses

Kenali 6 Penyebab Ibu Hamil Sering Sakit Kepala

Ketahui penyebab sakit kepala saat hamil. Mulai dari kurang tidur hingga stres.

Liputan6.com, Jakarta Perubahan hormon saat hamil berdampak pada tubuh. Salah satunya adalah sakit kepala. Namun, tak cuma itu saja penyebab ibu hamil kerap nyut-nyutan.

Berikut penyebab lain ibu hamil mengalami sakit kepala seperti dilansir dari thehealthsite.com. 

Kurang tidur

Gangguan hormonal semasa hamil juga bisa berdampak pada sulitnya wanita untuk tidur. Hasilnya, sakit kepala akan muncul.

Dehidrasi

Kurangnya asupan cairan semasa hamil akan membuat wanita mengalami dehidrasi. Dan pusing jadi salah satu efeknya. Cara terbaik untuk mengetahui apakah sakit kepala itu terjadi karena dehidrasi atau bukan, minum 1-2 gelas air sambil bernapas secara mendalam. Jika sakit kepala ini terjadi karena dehidrasi, maka sakit kepala tersebut tidak mudah hilang dalam beberapa waktu.

Rasa lapar

Rasa lapar yang berkepanjangan juga akan menyebabkan penurunan kadar gula darah dan sakit kepala. Sehingga selama kehamilan, kamu disarankan untuk selalu menyediakan camilan sehat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stres

Perubahan hormonal yang terjadi secara kolektif semasa hamil juga bisa jadi penyebab depresi. Untuk meringankan sakit kepala tersebut, cobalah untuk rutin melakukan yoga dan meditasi.

Pembatasan konsumsi kafein

Semasa hamil, para ibu disarankan untuk membatasi konsumsi kopi. Dan hal ini akan membuat sakit kepala sering muncul di awal.

Hipertensi

Hipertensi selama hamil juga sering jadi penyebab sakit kepala. Hal ini bisa melemahkan kesehatan bayi.

 

 

Penulis:  Febrianti Diah Kusumaningrum

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.