Sukses

Posisi Putri Charlotte Masih Aman untuk Jadi Pemimpin Kerajaan Inggris

Liputan6.com, Jakarta Anak kedua pasangan Pangeran William dan Kate Middleton, Putri Charlotte, memiliki pesona yang mampu membius banyak pasang mata. Terlebih tingkah menggemaskannya saat melambaikan tangan ke awak media, saat dia dan sang kakak, Pangeran George, akan menjenguk sang ibu dan adik yang baru saja lahir di Rumah Sakit St Mary, London, pada 23 April 2018.

Pada momen tersebut, putri lucu ini tampak ramah dengan ratusan juru kamera yang menunggu dan memanggil-manggil namanya. Lambaian tangan dengan senyum manis nan menggemaskan terus saja dilemparkannya.

Putri Charlotte bisa saja jadi pemimpin Kerajaan Inggris. Sebab, kehadiran adik lelaki tak menggeser posisinya dalam urutan takhta Kerajaan Inggris. Hal ini sebagai dampak dari Crown Act 2013.

 

Dalam peraturan baru kerajaan Inggris tersebut tertulis garis takhta ditentukan oleh urutan kelahiran, tanpa memandang jenis kelamin. Dalam aturan sebelumnya, urutan takhta seorang Putri Charlotte bisa digeser jika lahir seorang adik lelaki.

Adanya Crown Act 2013 menorehkan sejarah baru dan hal ini langsung diterapkan pada suksesi Kerajaan Inggris. Meski memiliki adik lelaki, Putri Charlotte tetap berada di urutan keempat garis takhta.

2 dari 2 halaman

Ratu Elizabeth Lengser, Putri Charlotte Bisa Saja Jadi Penggantinya

Ratu Elizabeth sebagai pemimpin tertinggi Kerajaan Inggris, suatu saat nanti akan turun takhta. Siapa yang akan naik takhta menggantikannya, ditentukan berdasarkan urutan.

Putra pertama Ratu Elizabeth, Pangeran Charles, berada di urutan pertama garis takhta. Posisi kedua ditempati anak dari Pangeran Charles dan mendiang Putri Diana, yaitu Pangeran William.

Sementara anak pertama Pangeran Willliam dan Kate Middleton, Pangeran George, berada di urutan ketiga garis takhta. Putri Charlotte berada di posisi keempat, dan adiknya yang baru saja lahir berada di posisi kelima.

Posisi keenam garis takhta, ditempati oleh adik Pangeran William, Pangeran Harry. Sampai saat ini, sang Ratu belum menentukan siapa yang kelak akan menggantikannya jika beliau turun takhta.

 

Penulis: Mutia/ Dream.co.id

Loading
Artikel Selanjutnya
Nama Putra Bungsu Pangeran William - Kate Middleton Jadi Ajang Taruhan
Artikel Selanjutnya
Sontek Makeup Kate Middleton yang Menawan Usai Melahirkan