Sukses

Risiko Tak Terduga Punya Banyak Teman di Facebook

Siapa sangka, punya banyak teman di Facebook membuat orang tersebut jadi gampang sakit. Simak alasannya.

Liputan6.com, Jakarta Coba cek akun Facebook Anda. Berapa teman yang sudah Anda miliki? Jika ada banyak, pikir-pikir ulang untuk menerima ajakan orang untuk menjadi teman Anda.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa seseorang yang memiliki banyak teman di Facebook memiliki risiko gampang jatuh sakit. 

Seperti yang dikutip dari her.ie, para peneliti dari Regis University, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa orang-orang yang kebanyakan teman di Facebook berisiko tinggi mengalami gangguan kesehatan, khususnya gangguan pernapasan.

Para peneliti mendata 89 mahasiswa. Awalnya, mereka diminta mengisi survei tentang kebiasaannya menggunakan Facebook dan bagaimana mereka menjalani kehidupan media sosialnya. Lalu, selama 10 minggu semua mahasiswa tersebut dimonitor kondisi tubuhnya dan aktivitasnya di dunia maya.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Facebook-anxiety

Hasilnya, ditemukan bahwa orang-orang punya kecemasan terkait penggunaan Facebook (Facebook-anxiety). Misalnya gelisah karena ada seseorang yang tak kunjung menerima permintaan pertemanannya, hal ini yang meningkatkan risiko dia jatuh sakit.

"Pengguna yang menunjukkan rasa gelisah terkait penggunaan Facebook, cenderung memiliki peningkatan jumlah aktivitas yang masuk ke media sosial ini," jelas peneliti. 

Wah, jangan sampai gara-gara aktivitas kita di Facebook yang kurang terarah menyebabkan kita jadi gampang sakit, ya ladies. Saatnya untuk lebih bijak menggunakannya. Atau mungkin juga ini saat yang tepat untuk menghapus beberapa orang yang tak dikenal di Facebook, demi ketenangan jiwa dan raga.

 

Penulis: Endah Wijayanti

Sumber: vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.