Sukses

Nonton Konser Musik Lebih Sehat dari Yoga

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat konser musik yang ternyata lebih besar daripada yoga.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda punya uang dan waktu untuk menonton konser musik namun ragu-ragu, pikirkan dampaknya pada kesehatan. Nonton konser ternyata punya manfaat yang bagus.

Sebuah penelitian mengatakan, lampu, keriuhan, denyut jantung yang meninggi dan teriakan saat konser memberikan tingkat harapan hidup yang lebih tinggi. Bahkan, lebih dari yang didapatkan dari olahraga yoga.

Penelitian yang dilakukan oleh venue musik dan pertunjukan di Inggris, O2 bersama dosen Patrick Fagan dari Goldsmith University, London, mengungkapkan bahwa dengan menghadiri sebuah pertunjukan musik, dapat meningkatkan harapan hidup hingga 9 tahun.

Dilansir dari Indiatimes pada Rabu (4/4/2018), penelitian ini menggunakan hasil tes denyut jantung psikometri untuk membandingkan manfaat kesehatan antara tiga kegiatan: menghadiri konser, yoga, dan jalan-jalan bersama anjing.

Pertunjukkan selama 20 menit dapat meningkatkan perasaan sejahtera sebesar 21 persen. Ini dua kali lipat lebih besar dari yoga yang hanya 10 persen. Bahkan tiga kali lebih tinggi daripada berjalan-jalan bersama anjing peliharaan yang hanya 7 persen.

Perasaan sejahtera ini bisa menjadi ukuran dari penanda kebahagiaan.

 

Simak juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stimulasi Mental Meningkat

Selain itu, studi menemukan bahwa perasaan menghargai diri sendiri meningkat menjadi 25 persen. Tidak hanya itu, stimulasi mental juga meningkat hingga 75 persen.

"Dengan menggabungkan semua temuan kami dengan penelitian O2, dapat disimpulkan bahwa dengan hadir di sebuah konser musik selama dua minggu, bisa membuka jalan untuk lebih dari satu dekade kehidupan," kata Fagan.

Selain itu, penelitian ini juga menyimpulkan, dengan menonton konser musik secara langsung bersama-sama, juga memiliki manfaat kesehatan.

Mungkin dengan adanya penelitian ini, menggabungkan antara sebuah pertunjukan musik dengan yoga bisa menjadi sebuah ide yang menarik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.