Sukses

Selain Awet Muda, Ini 5 Manfaat Tertawa bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Tertawa mungkin menjadi salah satu ekspresi kegembiraan yang muncul dari setiap orang. Selain dapat membuat orang lebih awet muda, tertawa menjadi salah satu obat terbaik untuk semuanya, baik itu secara fisik maupun mental.

Dilansir dari Step to Health, Selasa (3/4/2018), tertawa rupanya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Berikut adalah lima manfaat dari tertawa yang mungkin tidak Anda sadari.

1. Memperkuat sistem imun

Suasana hati yang bahagia dapat membuat Anda menjadi lebih sehat. Tertawa dapat menurunkan hormon stres, meningkatkan sirkulasi darah dan konsumsi oksigen.

Dengan melepaskan energi negatif, tertawa dapat memperkuat sistem imun dalam tubuh. Tak hanya itu, tertawa dapat membuat tubuh melawan bakteri dan infeksi saluran pernapasan.

2. Mengoptimalkan fungsi organ

Tak hanya menjaga kesehatan mental, tertawa rupanya membuat sistem organ dalam tubuh bekerja dengan optimal, seperti jantung, otak, dan paru-paru. Tertawa menjadi salah satu penanganan terbaik pada mereka yang mengalami penyakit jantung.

Selain itu, tertawa dapat membuat tekanan darah Anda menjadi normal dan meningkatkan aktivitas aerobik.

 

Saksikan juga video berikut ini :

1 dari 2 halaman

Tertawa dapat meningkatkan daya ingat

3. Meningkatkan daya ingat

Tertawa diyakini dapat membuat kinerja otak menjadi lebih optimal. Hal ini karena tertawa dapat mengurangi hormon kortisol atau hormon penyebab stres pada tubuh. Hasilnya, daya ingat Anda pun akan menjadi lebih kuat.

Ketika tertawa, hormon endorfin dan dopamin pada tubuh pun meningkat sehingga otak Anda akan merasa lebih nyaman. Tak hanya itu, tertawa akan membuat tubuh Anda mengalami relaksasi seperti sedang melakukan meditasi.

4. Melepaskan ketegangan otot

Tertawa memiliki keterkaitan langsung dengan peregangan otot di tubuh Anda. Menariknya, efek relaksasi yang Anda rasakan bukan hanya pada otot wajah saja, melainkan seluruh tubuh.

Selain itu, tertawa dapat melepaskan hormon yang membuat Anda menjadi lebih senang. Oleh sebab itu, jika ingin menghilangkan ketegangan baik secara fisik dan mental, sebaiknya tertawalah.

5. Membuat Anda menjadi lebih positif

Banyak orang menghadapi depresi, kesedihan, dan kecemasan setiap harinya. Hal ini kerap membuat Anda merasa kesulitan dalam menghadapinya. Namun demikian, tertawa rupanya menjadi salah satu obat terbaik. Hal ini karena dengan tertawa, Anda akan lebih optimis dan percaya diri dalam menjalani hidup.

Artikel Selanjutnya
Tips Memperlambat Proses Penuaan Kulit Wajah
Artikel Selanjutnya
Ingin Terlihat Awet Muda? Jangan Dandan Menor