Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Perawan Tidaknya Perempuan Bisa Dilihat dari Cara Jalan?

Keperawanan atau perawan tidaknya seorang wanita sering kali dinilai asal-asalan oleh orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Penilaian orang soal keperawanan sering kali salah kaprah. Contoh sederhana yang terjadi di masyarakat soal cara jalan perempuan. Perempuan yang jalannya mengangkang dianggap sudah tidak perawan.

Anda mungkin pernah atau bahkan sering mendengar celetukan seperti itu. Seolah-olah keperawanan bisa dilihat menggunakan mata telanjang.

dr Alvin Nursalim dari situs Klik Dokter menjelaskan sebelum menerka ada baiknya mengenal dulu konsep dari keperawanan itu sendiri.

Terdapat dua konsep yang bisa dipahami jika kita membahas soal keperawanan. Pertama, hilangnya keperawanan ditandai oleh robeknya hilmen perempan. Kedua, keperawanan hilang karena telah berhubungan seks.

"Himen merupakan membran tipis yang berada di dekat muara vagina. Himen memiliki pori atau lubang bagian tengahnya sehingga darah menstruasi dapat keluar," kata Alvin dikutip Health Liputan6.com pada Sabtu, 31 Maret 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keperawanan Itu Adalah

Nah, yang perlu dipahami juga adalah, himen yang rusak bukan berarti pula karena perempuan tersebut pasti berhubungan seks. "Itu adalah pemikiran yang salah."

Himen juga bisa rusak karena kecelakaan, penggunaan tampon atau masturbasi. Bahkan, ada juga perempuan yang tidak memiliki himen atau biasa dikenal dengan selaput darah.

Karena itu, definisi perawan tidak dapat ditentukan berdasarkan ada atau tidak selaput darah. Sebab, ada juga perempuan yang meski sudah berhubungan seks, himen atau selaput darah masih dalam keadaan utuh.

"Ini disebut himen yang elastis,"

Jadi, tidak benar apabila kita menilai seorang perempuan sudah tidak perawan berdasarkan cara jalannya atau melihat bentuk tubuhnya.

"Seperti yang telah dipaparkan bahwa banyak faktor yang memengaruhi keutuhan selaput darah seorang perempuan."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini