Sukses

Ibu yang Baru Melahirkan Boleh Banget Tolak Tamu untuk Datang

Tidak perlu risau jika Anda, seorang ibu yang baru saja melahirkan, menolak kehadiran tamu atau kerabat yang ingin datang menjenguk

Liputan6.com, Jakarta Ibu yang baru saja melahirkan sebaiknya tidak menerima terlalu banyak tamu. Anda boleh menolak secara halus jika ada kerabat yang mengabari akan datang menjenguk Anda dan buah hati tercinta. 

Bagi ibu-ibu yang baru saja menjalani proses persalinan, istirahat adalah hal yang sangat dinantikan. Namun dengan adanya bayi kecil yang menyusu tiap jam istirahat pun tak bisa dilakukan dengan maksimal.

Apalagi, jika di rumah tak ada yang membantu untuk mengerjakan berbagai hal. Dalam kondisi tersebut, akan semakin memusingkan jika rumah didatangi banyak tamu. Tak perlu ragu untuk menolak kedatangan kerabat jika Anda memang belum siap.

Katakanlah pada pasangan kelelahan yang Anda rasakan. Kedatangan tamu kadang malah akan membuat suasana jadi tak kondusif ketika ibu masih dalam kondisi lelah dan sensitif.

Niat kujungan para kerabat memang baik, mendoakan serta melihat si kecil. Namun alangkah lebih baiknya jika dilakukan di saat yang tepat. Saat ibu sudah pulih dan kondisi memungkinkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Tidak Perlu Menerima Tamu

Ada beberapa alasan mengapa ibu yang baru saja melahirkan tak perlu langsung menerima tamu.

- Bayi menyusu tiap jam atau bahkan 30 menit

Bayi baru lahir, menyusu kapan pun mereka mau. Bayi-bayi ini juga sering buang air besar dan kecil, lalu kembali haus dan menyusu. Memenuhi segala kebutuhan bayi tiap 30 menit atau tiap jam sambil menjamu tamu bukanlah ide yang baik.

- Ibu akan mendapat 'nasihat' yang tak dibutuhkan

Banyak para kerabat atau saudara yang lebih dulu punya anak, merasa paling tahu soal mengasuh bayi. Hal ini juga tak sepenuhnya tepat. Saran akan mereka berikan selama berjam-jam dan diulang-ulang. Sangat melelahkan mendengarkannya. Lebih baik Anda ikut istirahat tidur bersama bayi. Ide bagus, bukan?

- Masih dalam penyembuhan

Ibu yang melahirkan normal maupun caesar tetap butuh waktu lama untuk bisa pulih dari luka persalinan dan prosesnya yang sangat melelahkan. Duduk menemani tamu berjam-jam tentu akan sangat menyiksa. Belum lagi rasa nyeri yang muncul sewaktu-waktu.

Reporter: Mutia/Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini