Sukses

Tips untuk Orangtua Sibuk Biar Lengket dengan Anak

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua yang juga seorang pekerja harus bisa mencari sejuta cara agar punya hubungan berkualitas bersama anak.

Pagi sebelum anak bangun, Anda sudah harus ke kantor. Kemudian Anda baru pula saat si Kecil sudah tidur. Karena itu, fokuskan akhir pekan untuk bersama anak Anda.

Tapi yang terjadi kemudian, para orangtua baik ayah maupun ibu 'terlena' dengan gadget. Anak-anak terlalu asyik sendiri dengan tablet, begitu juga orangtuanya. Sebenernya dengan waktu singkat, ayah maupun bunda bisa memaksimal waktu selama 10 menit untuk meningkatkan kualitas hubungan.

 

1 dari 2 halaman

Waktu Orangtua untuk Anak

Arena Blake, seorang pakar pengasuh, menyarankan orangtua untuk bermain dengan anaknya dengan melakukan hal favorit selama 10 menit. Bagi orang dewasa waktu tersebut mungkin sangat singkat, tapi bagi anak-anak cukup signifikan bagi perkembangan psikologisnya.

" Main bersama anak artinya memfokuskan pikiran dan tubuh seluruhnya bersama anak. Letakkan gadget, matikan televisi dan bersenang-senanglah bersama si kecil," ujar Blake seperti dikutip dari The Maven.

Ada sederet aktivitas seru yang bisa dilakukan selama 10 menit. Dengan bersenang-senang, melakukan aktivitas favorit bersama hanya dalam waktu singkat bukan hanya menyenangkan anak saja. Orangtua akan mendapat efek yang sama.

Berikut aktivitas yang mungkin bisa Sahabat Dream manfaatkan bersama si kecil dengan waktu yang sangat singkat, namun berkualitas. Sangat penting dilakukan orangtua terutama mereka yang seringkali sibuk bekerja.

- Jalan-jalan ringan di sekitar perumahan- Perang bantal- Joget balon dengan memutar lagu favorit- Mewarnai kuku- Main tahan tawa, yang paling lama menahan tawa jadi pemenang- Lompat tali - Aktivitas permainan lain yang jadi favorit

Aktivitas apapun bisa dilakukan asalkan hal tersebut menyenangkan, bagi anak dan orangtua dan tentunya tanpa gadget. 

Reporter: Mutia/Dream.co.id

Artikel Selanjutnya
Tentang Air Ketuban yang Tak Banyak Ibu Tahu
Artikel Selanjutnya
Hebat, 2 Desainer Kudus Menang Lomba di Jepang