Sukses

Tips Tahan Lapar Saat Berkegiatan Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Rasa lapar di tengah padatnya kegiatan sangat mengganggu. Namun, makan di waktu yang tidak tepat juga bisa mengganggu pekerjaan dan juga tubuh Anda.

Beberapa alasan Anda merasa lapar padahal sudah makan antara lain: dehidrasi, stres, gula, kurang tidur, dan juga akibat diet yang dilakukan.

Menahan lapar juga bukan cara yang tepat karena hanya akan lebih mengganggu pikiran. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menahan lapar.

Dilansir dari Step to Health pada Rabu (21/2/2018), ada beberapa tips makan yang bisa Anda coba untuk bisa kenyang lebih lama.

1. Berikan tubuh makanan yang bervariasi dan menyehatkan setiap hari

Ini bukan berarti Anda bisa makan seenaknya. Yang benar adalah bagaimana makan dengan cerdas.

Ketimbang makan tiga kali sehari dengan porsi besar, lebih baik makan lima hingga enam kali sehari tapi dengan porsi kecil

Itu artinya Anda bisa buat jadwal makan seperti ini: sarapan pagi, makan menjelang siang, makan siang, makan sedikit camilan, makan sore, dan makan malam. Sebagai tambahan bisa ditambahkan buah atau yogurt.

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

1 dari 3 halaman

Tahan Lapar dengan Sarapan

2. Sarapan dengan baik

Makan di pagi hari harus dilakukan dengan baik. Ini juga bisa menjaga Anda dari rasa lapar. Cobalah untuk meluangkan waktu dari aktivitas lain di pagi hari. Berikan waktu khusus untuk sarapan. Makan sambil berangkat kerja atau berpakaian bukanlah hal yang baik.

Selain itu, menu sarapan haruslah mengandung protein, lemak sehat, dan karbohidrat. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari kenaikan insulin dalam darah. Ini membuat energi akan tetap terjaga sepanjang hari.

Cobalah untuk memulai hari dengan telur orak-arik untuk proteinnya, secangkir yogurt atau susu, buah, atau roti gandum utuh dengan minyak zaitun untuk karbohidratnya, alpukat atau kacang-kacangan untuk lemak sehatnya.

2 dari 3 halaman

Asupan serat dan teh hijau

3. Tingkatkan asupan serat

Meningkatkan asupan serat menjadi strategi lain agar mampu menahan lapar sepanjang hari. Serat adalah nutrisi yang penting yang membantu kita merasa kenyang lebih lama.

Untuk mendapatkan jumlah harian yang ideal (20 gram serat), cobalah makan dua potong buah, dua porsi sayuran, nasi, roti, atau pasta dari gandum.

 4. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak khasiat. Salah satunya membantu menghindari rasa lapar terus menerus. Selain itu, teh hijau juga bisa membakar lemak.

Jika diminum hangat, perut akan lebih terasa kenyang. Jika diminum dingin, ini akan membantu menghilangkan rasa dehidrasi. Minuman ini cocok untuk makan menjelang siang atau di sore hari. Tambahkan juga kacang atau biji-bijian untuk melengkapinya.

Artikel Selanjutnya
Sebab Selalu Lapar Setelah Turun Berat Badan